MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA LKS MATERI LINGKARAN

Endang Susilowati

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, khususnya pokok bahasan lingkaran telah menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi guru yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu dicari solusinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan LKS materi lingkaran kelas VIII A Semester 2 SMP N 3 Patebon Kendal tahun ajaran 2011/1012. Penelitian dilaksanakan di SMP N 3 Patebon, selama bulan Februari 2012. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa 31. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus. Siklus pertama untuk materi ajar unsur-unsur lingkaran dan keliling lingkaran; sedangkan siklus kedua untuk materi ajar luas lingkaran dan hubungan busur, tembereng, tali busur dan titik pusat.

Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan jumlah 31 orang pada evaluasi siklus I dan II,?é?á hal ini dapat terlihat dari siklus I yaitu terdapat 23 siswa yang tuntas, dengan rata-rata sebesar 74%?é?á menjadi 27 siswa pada siklus II yang mangalami ketuntasan sebesar 84%. Disamping itu juga terjadinya peningkatan kinerja guru dalam proses belajar mengajar, hal ini?é?á dapat terlihat dalam lembar hasil observasi kinerja guru pada siklus I mencapai 72,2% dan meningkat pada siklus II menjadi 80% . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model pembelajaran CTL Berbantuan Media LKS dalam proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Ligkaran Kelas VIII pada SMP N 3 Patebon Kendal tahun ajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dari hasil ketuntasan belajar siswa dan rata-ratanya, hasil observasi keaktifan siswa dan hasil observasi kinerja guru.

?é?á

Kata-kata kunci : Model pembelajaran, siklus, kontekstual, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v4i1/MARET.751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats