Efektifitas penggunaan video tutorial dalam pembelajaran daring ditinjau dari tanggung jawab siswa

Rima Asih Pradanawati

Abstract


Abstrak

Melalui video tutorial, guru matematika tetap dapat memberikan penjelasan meskipun pembelajaran dilakukan secara daring. Salah satu faktor internal yang dapat menentukan keberhasilan pembelajaran daring adalah rasa tanggung jawab siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan video tutorial dalam pembelajaran daring pada materi trigonometri ditinjau dari tingkat tanggung jawab siswa (tinggi, sedang, atau rendah). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ambarawa tahun ajaran 2020/2021dengan sampel 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain one groups pretest-posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji non-parametik yaitu uji Wilcoxon dalam taraf signifikan  5%. Uji hipotesis menyimpulkan bahwa penggunaan video tutorial efektif dalam meningkatkan hasil belajar untuk siswa dengan tingkat tanggung jawab tinggi dan sedang, namun tidak pada siswa dengan tingkat tanggung jawab rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa untuk mencapai hasil belajar yang baik tidak cukup hanya dengan penerapan media pembelajaran, namun juga dibutuhkan adanya rasa tanggung jawab siswa dalam mengikuti pembelajaran.

 

Kata Kunci : pembelajaran daring, video tutorial, hasil belajar, trigonometri, tanggung jawab

 

Abstract

Through video tutorials, a teacher of mathematics still be able to provide an explanation although learning to do it online. One of the internal factors that can determine the success of online learning is the student's sense of responsibility. The purpose of this study was to determine the effectiveness of using video tutorials in online learning on the material trigonometry in terms of the level of student responsibility ( high, medium, or low ). The study population was all students of class XI SMA Negeri 1 Ambarawa in the academic year 2020/2021 with a sample of 36 students. This type of research is quasi experimental with design one groups pretest-posttest design. Methods of data collection using tests and questionnaires . Mechanical analysis of the data that is used a non- parametric test, namely the Wilcoxon test at a significant level of 5%. Hypothesis test concluded that the use of video tutorials effective in improving outcomes of learning for students with a degree of responsibility in charge of high and moderate , but not at the students with the level of responsibility in charge low . The results have demonstrated that to achieve the result of learning that good is not enough only with the application of media learning , but also takes their sense of responsibility in charge of students in follow learning . 

Keywords : learning online, video tutorials, results, trigonometry, responsibility


Full Text:

PDF

References


Aisyah, A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K. (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/3783/3401

Anita, Y. N., & Setyowati, R. N. (2015). Tingkat Tanggung Jawab Siswa SMP Negeri 1 Sidoarjo Setelah Penerapan Building Learning Power (BLP). Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 3(3),1228-1243.

Baharuddin, Ilham. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Diakses dari https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1974

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Fadhli, Muhibuddin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Diakses dari http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/157/144

Guswiani, W., Darmawan, D., Handani, N. A., & Noordyana M. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. Diakses dari https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/416

Hidayati, K., Budiyono, & Sugiman. (2018). Development and Validation of Student’s Responsibility Scale on Mathematics Learning Using Subject Scaling Model. International Journal of Instruction, 11(4), 499-512.

Imamuddin, M. I. M., Isnaniah, I., Aulia, A. A. A., Zulmuqim, Z.,& Nurdin, S. (2020). Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal Kesulitan Belajar Siswa Madrasah dalam Belajar Mata Pelajaran

Ixganda, O. (2015). Analisis Deskriptif FAktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Chassis dan Pemindah Daya Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2)

Jumanto, J., & Prihatsari, E. B. (2018). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Berbasis Video Youtube terhadap Sikap Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD UNISRI. Diakses dari http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/5372

Krisnawati, E., & Julianingsih, D. (2019). Efektifitas Penggunaan Video Digital Storytelling pada Materi Trigonometri di Kelas X untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diakses dari http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/END52

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Diakses dari https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jit/article/view/4067

Nizaruddin, N., & Murtianto, Y.H. 92017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantu Macromedia Flash 8 dengan Pendekattan KOntekstual Pada Materi Program Linear Kelas XI. AKSIOMA: Jurnal MAtematika dan Pendidikan Matematika, 8(2),9-18

Netriwati, & Lena, M. S. 2017. Media Pembelajaran Matematika: Permata Net.

Payadnya, I.P. A. A., Perdata, I.B. K., & Antara, P. Y. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Konvensional dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) Berbantu Media Power Point. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 285-293.

Purwanti, Budi. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).

Permendikbud No. 21 Tahun 2020. https://covid19.kemkes.go.id/warta-infem/cara-mengajukan-permohonan-penetapan-psbb-untuk-solusi-covid-19/ Diakses pada tanggal 15 April 2020

Supriyanti. (2008). Membiasakan Perilaku Baik. Semarang: Ghyyas Putra. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2020

Waryanto, N. H. (2006). On-line Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/21489

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200415171950-20-493880/mendikbud-nadiem-akui-tengah-kaji-kurikulum-darurat-corona

https://www.kompasiana.com/rezzawidiautami3362/5e7ded93097f36393028cec2/dampak-virus-corona-berimbas-bagi-pendidikan-saat-ini-di-indonesia




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.7818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats