Analisis kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah kontekstual berdasarkan minat belajar matematik

Okta Pita Dian Sari, Nike Ayu Wulandari, Winda Khusnul Umah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah kontekstual berdasarkan minat belajar matematik materi kubus dan balok siswa kelas IX MTs Asholihuddin Dampit. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 peserta didik kelas IX di MTs Asholihuddin Dampit tahun ajaran 2020-2021. Penelitian ini diambil secara purposive sampling. Subjek wawancara dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa yang dipilih dengan kategori yang telah ditentukan yaitu 1 siswa dengan kategori berpikir kritis rendah, 1 siswa dengan kategori berpikir kritis sedang dan 1 siswa dengan kategori berpikir kritis tinggi, dan 1 pendidik. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sesuai dengan intrumen yang dibentuk seperti angket minat belajar, tes uraian kemampuan berpikir kritis, wawancara terkait kemampuan penyelesaian masalah kontekstual dan terkait minat belajar matematika yang dimiliki siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa mengenai materi kubus dan balok memiliki kaitan dengan minat siswa dalam pembelajaran matematika, dari hasil pengumpulan data siswa yang kurang berminat dengan pembelajaran matematika khususnya materi kubus dan balok sehingga kebanyakan memiliki nilai tes kurang dari rata-rata. Begitu pula siswa yang memiliki minat belajar matematika yang tinggi kebanyakan nilai tes di atas rata-rata. Hal ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual.


Full Text:

PDF

References


Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajran. Jurnal Idaarah, 3(2), 213.

Fikriani, T., & Nurva, M. S. (2020). No Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Kelas IX dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Title. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11, 254.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4, 7.

Julaeha, S., Mustangin, M., & Fathani, A. H. (2020). No Title. HProfil Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Matematika, 4, 800–801.

Khotimah, N., Pai’pinan, M., & Tandililing, P. (2017). ANALISIS KESALAHAN JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIAKAN SOAL CERITA PADA MATERI VOLUME BALOK DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI2 JAYAPURA. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 3, 53.

Mustangin, Suwarsono, S., & Lukito, A. (2020). Mathematic concept representation of high ability student in solving algebraic problem. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 9, 4402.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1, 130.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3, 155.

Prameswari, S. W., Suharno, & Sarwanto. (2018). INCULCATE CRITICAL THINKING SKILLS IN PRIMARY SCHOOLS. Social Humanities, and Educational Studies (SHEs) Conference Series, 743.

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended No Title. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 60.

Romadoni, A. N., & Rudhito, M. A. (2016). NoStrategi Siswa dalam Mengerjakan Soal Kontekstual dengan Pendekatan Matematika Realistik Topik Persamaan Linear Satu Variabel Title. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7, 84.

Setyadi, D., Masi, L., Salim, & Kadir. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Belajar. Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), 63–69.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.7914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats