Pengaruh penerapan model problem based learning (pbl) menggunakan metode daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII smp adabiah padang

Winda Wulan Dari, Zulfitri Aima, Ainil Mardiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan metode daring terhadap hasil belajar matematika siswa. Subjek Penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII SMP Adabiah Padang. Desain penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Pre Exprerimental Design dengan jenis “One-shot Case Study”. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk esai berjumlah 5 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan uji-t satu pihak kanan. Berdasarkan analasis tes akhir diketahui bahwa kelas sampel berdistribusi normal. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung= 2,253, sedangkan nilai kritis ttabel= 2,037. Berdasarkan hal tersebut maka thitung> ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa tolak H0, ini artinya terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan metode daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Adabiah Padang.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asriningtyas, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Fitriyani, dkk. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.

Mente & Jazuli. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika.

Muliyardi. (2002). Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: FMIPA Universitas Negeri Padang.

Situmorang & Samosir. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Rantau Selatan. Jurnal Inspiratif.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.8345

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats