To make it easier to verify articles, prospective authors are requested to attach a cellphone number or contact our admin number when creating an account.
Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa materi bangun datar berdasarkan pemecahan masalah IDEAL
Lina Indriyani
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan yang penting untuk dikembangkan dan harus dimiliki siswa dalam mempelajari matematika. Namun, kemampuan pemecahan masalah siswa di Indonesia masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada materi bangun datar berdasarkan tahapan pemecahan masalah IDEAL (I - Identify problems, D - Define goals, E - Explore possible strategies, A - Anticipate outcomes and act, dan L - Look back and learn). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 3 siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bergas semester 2 tahun ajaran 2020/2021 dengan hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek dengan hasil belajar tinggi telah mampu melakukan kelima tahap pemecahan masalah IDEAL dalam menyelesaikan soal materi bangun datar. (2) Subjek dengan hasil belajar sedang telah mampu melakukan kelima tahap pemecahan masalah IDEAL dalam menyelesaikan soal materi bangun datar. (3) Subjek dengan hasil belajar rendah belum mampu melakukan kelima tahap pemecahan masalah IDEAL dalam menyelesaikan soal materi bangun datar. Subjek hanya mampu melakukan tahap identify problems dan define goals. Subjek melakukan kesalahan pada tahap ketiga, yaitu tahap explore possible strategies sehingga menyebabkan kesalahan pada tahapan selanjutnya.