Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review

Andik Matulessy, ismawati ismawati, Abdul Muhid

Abstract


Matematika adalah disiplin ilmu yang dibutuhkan dalam berbagai lini kehidupan, namun faktanya matematika menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan siswa sehingga tak jarang mereka merasa takut, bosan, dan enggan untuk belajar sehingga mereka kesulitan dalam mengerjakan tugas, maka tugas guru sebagai Pembina dalam kemampuan siswa harus berinovasi dan aktif, melibatkan siswa, mendesain agar belajar matematika menjadi lebih menyenangkan. Congklak dianggap sebagai salah satu sarana efektif dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa, sehingga permainan ini bisa di jadikan refrensi metode ajar dalam matematika. Cogklak adalah salah satu permainan tradisional yang melibatkan kemampuan matematis pemainnya baik dalam penjumlahan, pengurangan maupun perkalian. Dengan bermain suasana belajar terasa lebih menyenangkan. Selain itu juga dengan permainan congklak ini juga mengajarkan dan mengenalkan budaya Indonesia kepada siswa mengingat permianan tradisonal sekarang mulai tersingkirkan dengan game online. Penelitian ini menggunakan metode literature review.


Full Text:

PDF

References


Ansari Saleh Ahmar, Abdul Rahman, Andi Nurani Mangkawani Arifin, Dewi Satria Ahmar, Muh. Agus, K. H. A. (2018). The Implementation of APIQ Creative Mathematics Game Method in the Subject Matter of Greatest Common Factor and Least Common Multiple in Elementary School. Encephale. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001

CNN Indonesia. (2018). Permainan Tradisonal Puncak Dari Segala Kebudayaan. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20180817120306-241-323001/permainan-tradisional-puncak-dari-segala-kebudayaan.

Erlin Prasetyo, N. H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (Mtk) Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Erya Santoso, F., Elvis Napitupulu, E., & Amry, Z. (2019). Metacognitive Level Analysis of High School Students in Mathematical Problem-Solving Skill. American Journal of Educational Research, 7(12), 919–924. https://doi.org/10.12691/education-7-12-4

Humairo, V. M., & Amelia, Z. (2021). Peningkatan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Modifikasi Bentuk Permainan Congklak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 19. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.589

Ilma, R., & Putri, I. (2012). Desain Pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Permainan Tradisional Congklak Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 100–112. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2642

Jelani, S. A., Nor, M., Hasrol, H., & Ismail, I. (2021). Enjoyment of Learning Basic Math Through Congkak Game-Based Learning ENJOYMENT OF LEARNING BASIC MATH THROUGH CONGKAK GAME-BASED LEARNING. July 2018.

Lestari, P. I., & Prima, E. (2018). Permainan Congklak Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding, SINTESA, November, 539–546.

Lindung, I. H., & Setiyowati, R. (2017). Perkalian Menggunakan Media Siswa Kelas Ii Sd Negeri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Perkalian Menggunakan Media Siswa Kelas Ii Sd Negeri 182 / I Hutan Lindung. 1–14.

Luh Putu Ayu Sumartini1, Putu Aditya Antara2, M. M. (2017). KARAKTER ANAK PADA TAMAN KANAK-KANAK Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ( Volume 5 . No . 1 - Tahun 2017 ). 5(1), 1–10.

Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02), 343–358.

Penelitian, J., Pendidikan, P., Bagi, P. B., Kognitif, P., Sosial, D., Sance, A., Tameon, M., Tinggi, S., Kristen, A., & Kupang, N. (2018). Peran Bermain Bagi Perkembangan Kognitif dan Sosial Anak. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 26–39. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index

Purwanti, R. (2020). Peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan tradisional Congklak (TK Dharma Wanita Kedunggalar Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Jmece, 1(1), 45–54. http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/159

Puteri, Amelia. (2019). Sebelum Ada Teknologi, Ini 6 Permainan Tradisional Dari Jawa yang Anyak Dimainkan Anak-anak; Congklak Manejadi Permainan Tradisonal dari jJawa Tengah Yang Digemari Anak Perempuan. https://www.orami.co.id/magazine/sebelum-ada-teknologi-ini-6-permainan-tradisional-dari-jawa-yang-banyak-dimainkan-anak-anak/

Rida, N., Siregar, S., & Simatupang, D. (2020). Pengaruh Kegiatan Bermain Congklak Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Bunga Rampai Usia Emas, 6(2), 23–28.

Rahmawati, Diah dan Rosaliana, Destarisa. 2016. Aku pintar dengan bermain. Jakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Rahma, Cholif. (2021). Cara Bermain Congkal; Permainan Tradisonal yang Tak Boleh Punah. https://www.orami.co.id/magazine/cara-bermain-congklak/

Sari, C. K., Muslihatun, A., Cahyaningtyas, L., Khaimmudin, R. N. L. H., Fijatullah, R. N., & Nisa’, E. U. (2019). Pemanfaatan permainan tradisional untuk media pembelajaran: Congklak bilangan sebagai inovasi pembelajaran matematika sekolah dasar. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 14–22.

https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.915

Saribu, P. B. D., & Simanjuntak, J. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di KB Tunas Harapan Kecamatan Sunggal Kab. Deli Serdang. Jurnal Usia Dini, 4(1), 28–38.

Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2014). PENGENALAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN MELALUI PERMAINAN CONGKLAK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Oleh: Syarifah Nur Siregar, Titi Solfitri, Yenita Roza. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 119–128.

Suminar Retno D. (2019). Psikologi Bermain Bermain dan Permainan Bagi Perkembangan Anak.

Suprihatin, E., & Padaela, M. (2019). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Kelompok B melalui Permainan Congklak. REDOMINATE: Jurnal Teologi …, 1(1), 37–48. http://sttkerussoindonesia.ac.id/e-journal/index.php/redominate/article/view/5




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats