Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika berdasarkan metode newman ditinjau dari kemandirian belajar

Siti Faridatul Bahiyyah, Intan Indiati, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana jenis kesalahan siswa kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Purposive sampling digunakan untuk memilih siswa kelas VIII D di SMP Negeri 1 Kaliwungu dalam pengambilan data. 6 siswa dipilih sebagai subjek yaitu 2 siswa berkemandirian belajar tinggi, 2 siswa berkemandirian belajar sedang, dan 2 siswa berkemandirian belajar rendah. Teknik pengumpulan data melalui angket kemandirian belajar, tes literasi matematika, wawancara, serta dokumentasi. Prosedur Newman digunakan untuk menganalisis kesalahan hasil tes, meliputi: (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan pemahaman, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir. Penggunaan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.  Keabsahan data penelitian diuji menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber, serta reliabilitas penelitian digunakan uji Kappa dan persentase kesepakatan. Penelitian ini menggunakan bantuan software QSR NVivo untuk membantu manajemen dan mengolah data penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) subjek berkemandirian belajar tinggi tidak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal literasi matematika; (2) subjek berkemandirian belajar sedang lebih sering melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir dalam menyelesaikan soal literasi matematika; serta (3) subjek berkemandirian belajar rendah lebih sering melakukan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir dalam menyelesaikan soal literasi matematika.

Full Text:

PDF

References


Anshori, M. T. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–10.

Ayuwirdayana, C. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di Mtsn 4 Banda Aceh. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh, 74–77.

Humaerah, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Geometri dengan Prosedur Newman Kelas VIII MTs. Universitas Islam Negeri Makassar, 1–9.

Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in Assam (India): An analysis using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(I), 17–21.

Khanifah, Sutrisno, & Purwosetiyono, F. D. (2019). Literasi Matematika Tahap Merumuskan Masalah Secara Matematis Siswa kemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 37–48.

Muhtarom, Sutrisno, & Murtianto, Y. H. (2017). Thinking Process of Students with High-Mathematics Ability (A Study on QSR NVivo 11-Assisted Data Analysis). International Journal of Applied Engineering Research, 12(17), 6934–6940.

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Santoso, D. ., A, F., & Ulum, B. (2017). Error Analysis Of Students Working About Word Problem Of Linear Program With NEA Procedure Error Analysis Of Students Working About Word Problem Of Linear Program With NEA Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 855(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/855/1/012043

Sofiah, E. S., & Nurjamil, D. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematik siswa smp ditinjau dari kemandirian belajar. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 195–203.

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V Sdn Pengawu. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 129–144. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3760

Suratih, & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan Newman ’ s error analysis. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 111–123. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.21481

Sutrisno, Sudargo, & Titi, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 2, 10–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx

Yanti, S., & Surya, E. (2017). Kemandirian Belajar dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran. Artikel Penelitian, 1–10.

Zaidy, F., & Lutfianto, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Kemampuan MatematikA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2016.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.9067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats