Prestasi belajar matematika tetap sip dengan penerapan aplikasi google meet

eka wahyu kusumawardani, Rizqi Amaliyakh Sholikhakh, Ponoharjo Ponoharjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Aplikasi google meet dalam menunjang prestasi peserta didik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh berdasarkan hasil tes , wawancara dengan guru,wawancara dengan peserta didik dan angket refleksi pada akhir pertemuan. Penelitian dilakukan di kelas XII IPS 1 semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik yang memberikan respon dengan baik setelah dilakukannya perlakuan menggunakan aplikasi google meet dalam pembelajaran, bahwa terdapat 26 peserta didik yang mendapatkan nilai lebih dari KKM dan 10 peserta didik mendapatkan nilai kurang dari KKM. Dan dari seluruh peserta didik kelas XII IPS 1 72% suka dan tertarik menggunakan kembali Aplikasi google meet dan 28 % tidak suka dan kurang tertarik menggunakan kembali.

Kata Kunci : penerapan ; google meet ; prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Sayiful Bahri. (2008).Psikologi Belajar.Jakarta : Rineka Cipta

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No. 22 Tahun 2016: Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020.

Mawaddah, D. I., Ponoharjo, P., & Utami, W. B. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMIC COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2).

Muniroh, S. H., Rojanah, S., & Raharjo, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Media Google Meet Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. EDISI, 2(2), 410-419.

Nasution,Noehi. 1995.StrategiBelajar.Jakarta :RinekaCipta.

Pagappong, Yandry. 2015. Peningkatan Disiplin Kerja Pegawai pada Kantor Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Loa Janan Ilir Samarinda Seberang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(1), 1-11.

Rizqi, M. A., & Subanji, S. (2021). Analisis praktek pembelajaran daring persamaan garis lurus berbantuan media geogebra melalui google sites. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 141-154.

Sholikhakh, R. A., Pujiarto, H., & Suwandono, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 33-39.

Sholikhakh, R. A., & Utami, W. B. (2017). Development Learning Instrument of Algebraic Structure based on Resitation Task to Improve Activities and Learning Procces. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukismo, Edi. 2015. “Analisis Kesulitan Mengerjakan Soal-Soal Trigonometri Ditinjau Dari Taksonomi Bloom”. Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.

Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.9083

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats