Hubungan kemampuan awal, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring di SMAN Sumatera Selatan

Nur Rahmadani, Sri Wardhani, Astrid Sri Wahyuni Sumah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kemampuan awal, pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran daring di SMAN Sumatera Selatan. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan uji Pearson product moment. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 74 orang siswa diseluruh kelas XI Science. Instrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara dan lembar tes. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,884 > 0,05 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,648 > 0,05 (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dan pemahaman konsep secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

 

Kata kunci: hasil belajar; kemampuan awal; dan pemahaman konsep

 

ABSTRACT

Relationship analysis of prior knowledge, concept understanding, and the result of student study in online learning at SMAN South Sumatera

This study aims to analyze the relationship between prior knowledge, concept understanding and the result of student study grade of XI in online learning at SMAN South Sumatera. This quantitative descriptive research uses the Pearson product moment test. The sample used amounted to 74 students throughout grade of XI science. The research instrument used in the form of interviews and test sheets. Data were analyzed using normality test and correlation test. The results showed (1) there was a significant relationship between prior knowledge to the result of student study with a significant value of 0.000 < 0.05 and a correlation coefficient of 0.884 > 0.05 (2) there was a significant relationship between conceptual understanding and the result of student study with a significant value of 0.000 < 0.05 and a correlation coefficient of 0.648 > 0.05 (3) There is a significant relationship between prior knowledge and understanding of concepts together on the result of student study with a significance value of 0.000 < 0.05.

 

Keywords: the result of student study; prior knowledge, and concept understanding


Full Text:

PDF

References


Ahmad, F. (2017). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi kimia Kelas XI IPA SMA 4 Makassar. Chemistry Education Review (CER), 1(1), 84. https://doi.org/10.26858/cer.v0i0.3882

Barron, B., & Chen, M. (2008). Teaching for meaningful learning: A review of research on inquiry-based and cooperative learning. In Powerful Learning: What We Know About Teaching for Understanding.

Fakhrah, F., Muhibbuddin, M., & Sarong, M. A. (2017). Peningkatan pemahaman konsep siswa materi pengklasifikasian Phylum Arthropoda melalui model pembelajaran langsung (direct instruction). BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 2(2), 93. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i2.241

Hasrida, H. & Salempa, P. (2018). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Maniangpajo (Studi pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit) [Universitas Negeri Makassar]. In Chemistry Education Review (CER) (Issue 1). https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5611

Herlina, H., & Loisa, J. (2020). Persepsi kemampuan pemahaman konsep matematika pada pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 189. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12183

Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893

Muhammad Yaumi. (2017). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup.

Purwati, S. (2017). Pengaruh kemampuan awal terhadap pemahaman konsep usaha dan energi. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 1, 100. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v1i0.4522

Shidik, M. A. (2019). Pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar IPA Biologi peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kaledupa Kabupaten Wakatobi. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 79–86. https://doi.org/10.32938/jbe.v4i2.395

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Sugiyono. (2009). Statistik untuk Penelitian Kuantitatif. CV. Alfabeta.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 396. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314




DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.8425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed by:

 


Web
Analytics View My Stats



Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi by Biology Education  Universitas PGRI Semarang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.