INTEGRASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KE DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MELALUI RPP
Abstract
Integrasi Nilai Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga
sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilainilai
tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan
sehingga menjadi manusia insan kamil.
Beberapa nilai yang perlu dikembangkan di dalam Pendidikan karakter adalah nilai ketaqwaan, nilai
keimanan, nilai kejujuran, nilai kepedulian, nilai, nilai, dan nilai etika atau sopan santun
Adapun cara yang dilakukan adalah penulis menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang kemudian di kembangkan dengan pengintegrasian nilai-nilai
pendidikan karakter di setiap tenik pembelajaran mulai dari pendahuluan ( apersepsi, motivasi), kegiatan inti
(meliputi tahap elaborasi, eksplorasi dan konfirmasi) , dan pada tahap penutup (kesimpulan, pemberian tugas
tersetruktur dan tugas mandiri), melalui simulasi dan sistem pemodelan yang ditampilkan lewat media slide
sehingga peserta didik mengetahui dan memahami nilai-nilai Pendidikan Karakter yang diintegrasikan di dalam
setiap teknik pembelajaran.
Implementasi Pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan melalui langkah-langkah pengembangan
pembentukan karakter dengan cara memasukkan konsep karakter dalam proses pembelajaran, pembuatan slogan
yang mampu menumbuhkan kebiasaan baik dan pemantauan secara kontinyu serta melalui pelaksanaan programprogram
pembinaan kejiwaan, pembinaan kerohanian, pembinaan kepribadian, pembianaan kejuangan, pembinaan
jasmani, pembinaan ilmu pengetahuan teknologi dan seni.
Kata Kunci : Integrasi Nilai, Pendidikan Karakter (Education Character), RPP,
Implementasi
sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilainilai
tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan
sehingga menjadi manusia insan kamil.
Beberapa nilai yang perlu dikembangkan di dalam Pendidikan karakter adalah nilai ketaqwaan, nilai
keimanan, nilai kejujuran, nilai kepedulian, nilai, nilai, dan nilai etika atau sopan santun
Adapun cara yang dilakukan adalah penulis menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang kemudian di kembangkan dengan pengintegrasian nilai-nilai
pendidikan karakter di setiap tenik pembelajaran mulai dari pendahuluan ( apersepsi, motivasi), kegiatan inti
(meliputi tahap elaborasi, eksplorasi dan konfirmasi) , dan pada tahap penutup (kesimpulan, pemberian tugas
tersetruktur dan tugas mandiri), melalui simulasi dan sistem pemodelan yang ditampilkan lewat media slide
sehingga peserta didik mengetahui dan memahami nilai-nilai Pendidikan Karakter yang diintegrasikan di dalam
setiap teknik pembelajaran.
Implementasi Pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan melalui langkah-langkah pengembangan
pembentukan karakter dengan cara memasukkan konsep karakter dalam proses pembelajaran, pembuatan slogan
yang mampu menumbuhkan kebiasaan baik dan pemantauan secara kontinyu serta melalui pelaksanaan programprogram
pembinaan kejiwaan, pembinaan kerohanian, pembinaan kepribadian, pembianaan kejuangan, pembinaan
jasmani, pembinaan ilmu pengetahuan teknologi dan seni.
Kata Kunci : Integrasi Nilai, Pendidikan Karakter (Education Character), RPP,
Implementasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/civis.v2i2.454
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)