Pembinaan Pendalaman Materi Matematika Tingkat SMA di Panti Asuhan Al-Akbar Pekanbaru

Rahma Qudsi, Agus Dahlia, Aulia Sthephani

Abstract


Pendidikan merupakan hak setiap warga negara indonesia tidak terkecuali anak-anak yang berada di panti asuhan. Terbatasnya kemampuan yang dimiliki oleh panti asuhan dalam memberikan tambahan materi pembelajaran kepada anak-anak asuh terutama bidang studi matematika merupakan dasar dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini. Kegiatan ini dilakukan di panti asuhan Al-Akbar Pekanbaru dengan memberikan pendalaman materi matematika khususnya tingkat SMA dengan jumlah peserta 26 orang anak asuh sebagai target dari kegiatan ini. Adapun metode pelaksanaannya dibagi menjadi dua tahapan yaitu tahap persiapan dimana tim melakukan survey ke lapangan, mempersiapkan administrasi dan persiapan materi kemudian tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan dengan pemberian materi dan diskusi dengan membagi peserta kegiatan menjadi kelompok belajar yang dibagi bersadarkan tingkat pendidikan. Kegiatan pembinaan dilakukan secara luring atau tatap muka langsung dan dilakukan di panti asuhan. Kegiatan pengabdian ini memberikan hasil yang memuaskan bagi mitra yaitu panti asuhan dengan memberi pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam bidang studi matematika SMA.

Keywords


luring; matematika; panti asuhan; pendampingan belajar

Full Text:

PDF

References


Arfiah, S. (2017). Penerapan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V C SD Negeri 004 Tembilahan Kecamatan Tembilahan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(1), 267 – 275. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4106

Hadi, S.N., & Noor, A.J., Keefektifan Kelompok Belajar Siswa Berdasarkan Sosiometri dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika,1(1), 60 – 67. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v1i1.564

Loda, M. (2021). Dampak Pembelajaran Luring terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI di SDK Naidewa Kecamatan Godewa Barat Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan,1(3), 422 – 430.

Republik Indonesia. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Lembaran Negara RI Tahun 1959 Nomor 75, Sekretariat Negara. Jakarta.

Suyono. (2020). Manajemen Pembelajaran Berbasis Daring Dalam Rangka Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19 Di Perguruan Tinggi Swasta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (Lldikti) Wilayah VII. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 662 - 666. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i1.708




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.11090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.