Pendampingan Desain Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle bagi Guru di SMP Xaverius 2 Palembang
Abstract
Kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran online di era pandemi covid-19 menjadi sebuah tantangan khususnya bagi guru di SMP Xaverius 2 Palembang, dimana selama ini mereka masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran online yang sistematis guna mendukung kegiatan pembelajaran agar mampu mencapai target yang telah ditetapkan. Dengan kondisi tersebut, maka tim pengabdian pada masyarakat Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya melakukan kegiatan pendampingan desain pembelajaran e-learning berbasis moodle bagi guru di SMP Xaverius 2 Palembang. Dimana kegiatan ini diikuti oleh 20 guru yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi pembelajaran e-learning berbasis moodle sebagai salah satu alternatif yang dapat mereka gunakan dalam menyusun pembelajaran online. Metode kegiatan yang dilakukan berupa kegiatan pelatihan terbimbing dan pendampingan dengan metode ceramah, diskusi, penugasan terbimbing dan mandiri yang dilaksanakan secara luring dan daring. Berdasarkan hasil kegiatan pendampingan diperoleh data bahwa terjadi peningkatan pemahaman guru terkait penggunaan e-learning berbasis moodle sebesar 40%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Batubara, H. (2018). Pelatihan E-Learning Berbasis Moodle. Jurnal off Character Education Society, 1(1), 57–66.
Dhika, H., Destiawati, F., Surajiyo, S., & Jaya, M. (2020). Implementasi Learning Management System dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2(0), 228–234. http://tunasbangsa.ac.id/seminar/index.php/senaris/article/view/166
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Khoir, H. ., Murtinugraha, R. ., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453
Maskar, S., & Dewi, P. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru MA Darur Ridho Al- Irsyad Al Islamiyyah pada Pembelajaran Daring. Journal Sosial Science and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 1–10.
Risalah, A., W Ibad, L Maghfiroh, M I Azza, S A Cahyani, & Z A Ulfayati. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring bagi Guru dan Siswa). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5
Samsudin, M., & Januhari, N. N. U. (2019). Pengembangan Pembelajaran E-learning dengan Moodle (Modulator Object-Oriented Dynamic Learning Environment). Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(1), 1–8. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.210
Siahaan, M. (2019). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI) Edisi Khusus, 1, 1–6.
Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), (2020). https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Wulandari, R., Santoso, S., & Ardianti, S. D. (2021). Tantangan Digitalisasi Pendidikan bagi Orang Tua dan Anak di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Bendanpete. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3839–3851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1312
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.11698
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.