“ISTANA CERIA” sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat Desa Banjarjo-Bojonegoro pada Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Pemberdayaan masyarakat ini dilakukan sebagai salah satu program pengabdian masyarakat dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai wujud melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang nyata dari tugas dosen dan mahasiswa, maka terwujud sinergi Perguruan Tinggi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro dengan masyarakat Desa Banjarjo yang mengambil tematik 2022 pencegahan Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi yang dilaksanakan selama 30 hari mulai tanggal 18 januari hingga 18 febuari 2022. Salah satu program unggulan “ISTANA CERIA” mencoba untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat dalam bidang pendidikan. Tujuan membuat eduction center dengan manfaatkan lahan kosong yang tidak terawat untuk mengenalkan pembelajaran smart learning, fun leraning, meningkatkan minat belajar serta membaca anak melalui metode ABCD. Metode penelitian menggunakan deskripsi kualitatif melalui observasi dan wawancara. Hasilnya adalah membantu warga masyarakat Desa Banjarjo RT 07 RW 001 untuk mengetahui aset lingkungan potensial yang dimiliki guna mengembangkan eksistensinya dibidang pendidikan dengan memfasilitasi melalui program unggulan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusta, H. (2009). Pola Gerak Dalam Senam (1st ed.). CV. Ipa Abong.
Aisyah, D. S. (2017). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Menciptakan Produk (HASTA KARYA). Vol. 1 No. 1 (2017): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 1(1).
Alkaaf, F. (2017). Perspectives of learners and teachers on implementing the storytelling strategy as a way to develop story writing skills among middle school students. Cogent Education, 4(1), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/2331186X.20 17.1348315
Burhanuddin, C. I., & Abdi, M. N. (2020). Ancaman Krisis Ekonomi Global Dari Dampak Penyebaran Virus Corona (COVID-19). AkMen,17(April), 90–98.
Decaprio, R. (2017). Panduan Mengembangkan Kecerdasan Motorik Siswa. DIVA Press2017.
Dureau, C. (2013). Pembaru dan Kekuatan Lokal Untuk Pembangunan. Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCESS), 2.
Fitroh, S. F., Dwi, E., Sari, N., Studi, P., Guru, P., Anak, P., & Madura, U. T. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. PG-PAUD Trunojoyo, 2.
Fredy, F., Prihandoko, L. A., & Anggawirya, A. M. (2020). The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), 171–180. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2067
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 107. https://doi.org/https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19.Jurnal Review Pendidikan Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253
Liu, M. C., & Wang, J. Y. (2010). Investigating knowledge integration in web-based thematic learning using concept mapping assessment. Educational Technology and Society, 13(2), 25–39.
Lutfiah, S., Z. (2020). Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Dealektik, 2(2), 2655-8491.
Mahmudah, N., Ria, K. M., & Septiana, E. (2021). Pembentukan Karakter Moderat Pada Santri Melalui Kegiatan Pembacaan Shalawat Di TPQ An-Nahdliyah Nurul Iman Kelurahan Margorejo. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 81–100.
Sari, P, K., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,”7(1).
Sumarjo. (2010). Pendidikan Jasmanai, Olahraga, dan Kesehatan. JP Book.
Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, & Roysa, M. (2021). Analisis prestasi belajar siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 7(1), 122–128.
Tarkuni. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1).
Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315
Wardhani, T. Z., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi peran pengawasan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online di masa pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 48. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28256
Zaini, N., Maghfirotun, K., & Abdilah, K. (2020). Pendampingan Kegiatan Shalat dan Mengaji dengan Menggunakan Strategi Parenting di TPQ Desa Cangkring Kecamatan Bluluk Kabupaten Lamongan. Nusantara. Journal of Community Engagement, 1(2), 51–54. https://doi.org/https://doi.org/10.2020/njce.v1i2.3840
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.11736
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.