PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Muhtarom Muhtarom, Nizaruddin Nizaruddin, Muhammad Saifuddin Zuhri

Abstract


Tujuan program ini adalah mengembangkan model pelatihan kewirausahaan yang cocok mahasiswa dan menciptakan wirausaha baru yang mandiri berbasis ipteks yang siap beraktivitas di masyarakat. Pelatihan kewirausahaan  didesain 3-Box yang dilaksanakan secara bertahap meliputi: tahapan pertama, mahasiswa diberikan bekal pengetahuan tentang Entreprenuership, Change Mindset and Paradigm Entreprenuership, Inspirasi, Kreativitas dan Ide Usaha, Membuat Usaha dan Kualitas konsep usaha. Pada tahapan kedua, aktivitas belajar difokuskan pada upaya peningkatan pemahaman terhadap realitas dunia usaha dengan melalui pengkajian kasus yang terjadi atau berlaku di dunia usaha. Pada tahap ketiga, mengadakan evaluasi proses pelatihan. Evaluasi ini akan dilaksanakan dalam bentuk presentasi revisi desain usaha yang akan dilaksanakan setelah mendapatkan materi pada tahap pertama dan tahap kedua. Program ini telah melahirkan wirausaha mandiri, meliputi: Bimbel BEE, Pin dan Name Tag, Usaha pangsit, Bantal Karakter Handmate, Cappucino Cincau dan Chocolate, dan budidaya burung kenari.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2008. Peran Pelatihan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Produktivitas Pengusaha Kecil di Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (Pinbuk) Kalimantan Barat. FISIP UNTAN Pontianak.

Indarti, Nurul dan Rostiani, Rokhima. 2008. Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia. 23 (4): 1-27.

Lestari, Retno Budi dan Wijaya, Trisnadi. 2012. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP dan STIE MUSI. Forum Bisnis dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP. 1 (2): 112-119.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.

Manullang, M. dan Manullang, Marihot Amh. 2008. Manajemen Personalia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Muhuda, Danan. 2001. Peran Pelatihan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Produktivitas Pengusaha Kecil di Yayasan Mahendra Adji Saroyo (MAS) Pontianak. FISIP UNTAN Pontianak

Priyanto, Sony Heru. 2009. Mengembangkan Pendidikan Kewirausahaan di Masyarakat. Andragogia-Jurnal PNFI. 1 (1): 57-82

Sastri, Haliza. 2010. Pengaruh Program Mahasiswa Wirausaha Tahun 2009 Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak. FKIP UNTAN Pontianak.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v8i1.1379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                  

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.