Pengelolaan Kualitas Kredit dan Upaya Pencegahan Kredit Bermasalah di PT BPR Mitra Bali Srisedana Mandiri

I G N Oka Ariwangsa, Kadek Kartika Dewi

Abstract


Industri perbankan sering kali meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan juga kesejahteraan masyarakat negara kita. Bank itu sendiri adalah lembaga keuangan di mana kegiatannya. Perbankan bertugas memberikan kredit dan kredit yang diberikan. Tujuan utama dari industri perbankan adalah untuk mendukung pelaksanaan pembangunan nasional dengan meningkatkan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi serta menciptakan stabilitas nasional untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Peran perbankan sering dianggap sebagai jantung dan penggerak perekonomian suatu negara. Dikatakan seperti itu karena usaha perbankan bertugas untuk memberikan kredit dan kredit yang diberikan mempengaruhi kehidupan masyarakat terutama di bidang ekonomi. BPR yang memiliki kepanjangan bank perkreditan rakyat bertugas memberikan pelayanan dalam bidang jasa keuangan kepada masyarakat. Salah satu BPR yang ada di bali adalah BPR Mitra Bali Srisedana mandiri yang juga menjadi instansi tempat penulis melaksanakan program PKL dan di mana penulis mendapatkan beberapa masalah terkait dengan perkreditan. Penulis dapat melakukan beberapa tindakan untuk menjaga kualitas pelayanannya. Serta memanfaatkan teknologi digital agar ikut berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Mengingat banyaknya saingan yang dimiliki oleh PT BPR Mitra Bali Srisedana Mandiri.


Keywords


bank; kredit; BPR

Full Text:

PDF

References


Fauzi, A. (2018). Kredit Macet, NPL dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Pembiayaan. Achmad Fauzi, 2, 27–36.

Mewoh, F. C., Sumampouw, H. J., & Tamengkel, L. F. (2016). Analisis Kredit Macet. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(1), 1–15.

Putri, E. A. A., Nuraina, E., & Yusdita, E. E. (2020). Upaya Pencegahan dan Penanganan Kredit Macet Ditinjau dari Persepsi Nasabah. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 7(02), 185–196. https://doi.org/10.35838/jrap.v7i02.1616

Mewoh, F. C., Sumampouw, H. J., & Tamengkel, L. F. (2016). Analisis Kredit Macet. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(1), 1–15.

Putri, E. A. A., Nuraina, E., & Yusdita, E. E. (2020). Upaya Pencegahan dan Penanganan Kredit Macet Ditinjau dari Persepsi Nasabah. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 7(02), 185–196. https://doi.org/10.35838/jrap.v7i02.1616




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i4.16610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.