Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Pengolahan Limbah Pertanian melalui Teknologi Fermentasi pada Kelompok Ternak di Kecamatan Tasikmadu

Sri Sukaryani, Ali Mursyid Wahyu Mulyono

Abstract


Tasikmadu adalah salah satu kota kecamatan dari 17 kecamatan yang berada di Kabupaten Karanganyar, dengan luas wilayah 2.759,73 ha yang terdiri dari tanah sawah seluas 1.581,11 ha dan tanah kering seluas 1.241,62 ha. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan terhadap anggota kelompok ternak dalam hal pengolahan limbah hasil pertanian dan limbah kotoran ternak. Kelompok sasaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah kelompok ternak Raja Kaya dengan jumlah anggota sebanyak 21 orag, dan kelompok ternak Gemah Ripah dengan anggota sebanyak 11 orang sehingga jumlah keseluruhan peserta adalah 32 orang. Metode yang dipakai pada kegiatan ini meliputi tiga tahapan, yaitu (1) tahap penyuluhan/pelatihan in class, (2) tahap pelatihan/praktek, (3) tahap evaluasi Metode penyuluhan digunakan untuk menyampaikan materi secara teori dan metode pelatihan out class/praktek digunakan untuk mempraktekkan teori yang sudah diberikan pada saat penyuluhan. Hasil pelaksanaan yang dicapai adalah para peserta berperan aktif dalam mengikuti dan melaksanaka kegiatan pengabdiarn baik dari penyuluhan sampai praktek. Hasil pretes rata-rata sebesar 38,53 dan hasil postes sebesar 75,73. Simpulan yang dapat diambil adalah terjadi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal pengolahan limbah pertanian (jerami padi dan pucuk tebu) melalui teknologi fermentasi dan pupuk organic (cascing).


Keywords


pengetahuan dan keterampilan; pengolahan limbah pertanian; teknologi fermentasi; kelompok ternak; kecamatan tasikmadu

Full Text:

PDF

References


Anonimus, 2014. Karanganyar Dalam Angka 2014. BPS Kabupaten Karanganyar

Muchtar, M. dan S. Tedjowahjono, 1985. Pemanfaatan Hasil samping Industri Gula Dalam Menunjang Perkembangan Peternakan. Pross.Seminar Pemanfaatan Limbah Pucuk Tebu Untuk Pakan Ternak. Pusat Penelitan dan Pengembangan Peternakan. Bogor: Badan Penelitian dan Pengembangan Peternakan.

Retnani, Y., W. Widiarti, I. Amiroh, L. Herawati dan K. B. Satoto, 2009. Daya Simpan dan Palatabilitas Wafer Complete Pucuk dan Ampas Tebu Untuk Sapi Pedet. Bogor: Departemen ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB.

Sukaryani, S. dan E.A. Yakin, 2014. Kandungan Kimia Jerami Padi Terfermentasi MA-11. Karanganyar: Dian Andihi, Majalah Ilmiah Akademi Peternakan Karanganyar.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.1709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                       

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.