Perbaikan Manajemen UKM melalui Kartu Biaya Pesan Produksi

Hasbi Yasin, Darwanto Darwanto, Hari Susanta Nugraha

Abstract


Kain tenun sebagai kain budaya menjadi sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu sentra pengrajin kain tenun berada di desa Troso kecamatan Pecangaan kabupaten Jepara, yaitu pada UKM Ampel Jaya dan UKM Tiara. Permasalahan yang dihadapi salah satunya adalah masalah manajemen usaha dan produksi. Pada umumnya pengrajin tenun Troso memproduksi kain tenun berdasarkan pesanan dari klien atau pedagang kain dari luar daerah. Oleh sebab itu, maka diperlukan kecermatan agar dapat berproduksi seefisien mungkin. Pengrajin sering kali menghitung biaya produksi hanya berdasar perkiraan dan tidak ada ukuran yang jelas dalam menghitung besar biaya produksi. Tim Pelaksana IbPE memperkenalkan metode perhitungan biaya produksi dengan menggunakan Kartu Biaya Pesan Produksi untuk penetapan harga jual dan pengendalian biaya. Penerapan kartu ini juga sekaligus melengkapi program tahun sebelumnya yaitu tentang penggunaan Papan Informasi Produk dan Papan Informasi Stok. Dengan memanfaatkan media yang ada, UKM mitra dapat terbantu dalam menganalisa kondisi usahanya secara lebih jelas dan akurat sehingga bisa menjadi bahan rujukan dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat.


Keywords


Kartu Biaya Pesan Produksi; Tenun Troso; Manajemen UKM

Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia. 2006. Kajian Pembiayaan dalam Rangka Pembiayaan Klaster. Jakarta.

Lestari, E.P. 2010. Penguatan Ekonomi Industri Kecil dan Menengah. Jurnal Organisasi dan Manajemen. Volume 6 Nomor 2, September 2010, 146-157.

Purwanti, E.Y. 2011. Kajian Pola Keterkaitan Aktivitas Klaster Industri Tenun Troso dalam Upaya Pengembangan Ekonomi Lokal di Kabupaten Jepara. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen. Volume 23 Nomor 1, Januari 2011. http://www.klasterjawatengah.com/wp-content/uploads/2013/11/KLASTER-TENUN-TROSO-KAB.-JEPARA.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.1746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                       

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.