PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA STRUKTUR ATOM DARI LIMBAH KERTAS UNTUK PEMBELAJARAN IPA TERPADU BAGI GURU-GURU SMP DI KOTA SEMARANG

Nur Khoiri, Siti Patonah

Abstract


Abstrak

Keberadaan alat peraga IPA terpadu untuk pembelajaran di SMP adalah mutlak dibutuhkan. Namun alat peraga IPA yang murah dan nyaman masih sangat sulit didapatkan. Terlebih untuk menjelaskan konsep Kimia di SMP. IKIP PGRI Semarang telah membuat alat peraga dari limbah kertas yang ramah lingkungan untuk dapat membantu guru menjelaskan tentang konsep atom, ion dan ?é?ámolekul pada pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Berhubungan dengan hal tersebut, maka diadakan kegiatan Ipteks bagi masyarakat ( IbM ), dimana dalam kegiatan ini selain sosialisasi produk ilmiah juga memberikan wacana mengenai inovasi-inovasi pembelajaran IPA Terpadu di SMP.

?é?á

Metode yang digunakan dalam kegiatan adalah pelatihan penggunaan alat peraga tentang struktur atom, praktik penyusunan inovasi pembelajaran IPA Terpadu, penyusunan lesson plan serta peer teaching. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 22-23 Mei 2010 ini berjalan lancar dan peserta menghendaki sering diadakan kegiatan yang sejenis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA Terpadu di SMP.

Kata kunci : Pelatihan penggunaan, alat peraga, struktur atom, IPA Terpadu

?é?á


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v1i2.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                        

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.