Kajian Ulang Pemahaman Konsep Integral-Turunan Pasca Ujian Akhir Semester

Dessy Agustina Sari, Azafilmi Hakiim, Vita Efelina

Abstract


Matematika I dan II merupakan mata kuliah dasar di semester satu dan dua yang menjadi tumpuan Matematika Lanjutan (Probabilitas dan Statistik, Matematika Teknik I, dan Matematika Teknik II). Salah satu kompetensi akhir mahasiswa tingkat satu adalah pemahaman konsep Turunan dan Integral. Kesulitan pemahaman pada ilmu dasar menjadi titik kebingungan mahasiswa di semester selanjutnya. Selain itu, variasi lulusan peserta didik menjadi beban bagi dosen dalam menyampaikan materi karena beberapa hal dasar harus disampaikan kembali di kelas seperti aturan cosinus, integral-turunannya, dan bentuk lainnya. Kajian ulang integral-turunan bagi mahasiswa program studi Teknik Elektro Angkatan 2016 bertujuan menanamkan ulang prinsip dasar dari konsep integral-turunan terhadap soal-soal Ujian Akhir Semester melalui pemaparan secara bertahap. Metode yang digunakan tim pengabdian adalah workshop (pendidikan berkelanjutan) yang melibatkan 3 orang dosen (pengajaran dan diskusi). Persoalan yang belum sempat diselesaikan menjadi tugas selama liburan. Pengajar memberikan jawaban akhir dari setiap persoalan sehingga mahasiswa menjadi termotivasi untuk mengerjakan kembali. Trik yang diberikan para pengajar adalah apabila soal sebelumnya telah selesai, silakan dikerjakan kembali dengan menutup jawaban yang kami berikan. Kegiatan mandiri dapat dilakukan di rumah dengan bantuan internet, buku bacaan sebelum perkuliahan baru dimulai

Keywords


integral; turunan; workshop

Full Text:

PDF

References


Misdalina, M., Zulkardi, Z., & Purwoko, P. 2013. Pengembangan Materi Integral untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). Retrieved from http://www.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/321

Nasir, M. 2017. PERMENRISTEKDIKTI Nomor 8 Tahun 2017 tentang Statuta UNSIKA. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tingi Republik Indonesia.

Pinem, M. D. 2015. Kalkulus untuk Perguruan Tinggi. Bandung : Penerbit Rekayasa Sains.

Rahimah, D. 2012. Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pokok Bahasan Integral pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Exacta, X (1), 89–97.

Wrede, R. dan Spiegel, M. R. 2007. Kalkulus Lanjut Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                             

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.