IbM Pemanfaatan Software Camtasia untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Guru TK PGRI 10 Siliwangi

Eko Andy Purnomo, Sri Handayani, Sri Kadarwati, Sutan Pohan, Sumarno Sumarno

Abstract


Paradigma pembelajaran harus berubah, tidak hanya penekanan segi kognitif saja tetapi afektif dan psikomotor juga perlu dikembangkan. Pembelajaran yang berpusat ke guru, harus dirubah menjadi pembelajaran berpusat ke siswa. Pembelajaran harus interaktif, berkelompok, dan pembelajaran berbasis multimedia. Pembelajaran hendaknya menggunakan multistrategi dan multimedia, sumber belajar, dan teknologi yang memadai serta memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Camtasia merupakan software yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation. software ini bisa dimanfatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan e-learning. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan media yang ada untuk dibuat menjadi multimedia pembelajaran khususnya video pembelajaran. Selain itu dalam video serta implementasi kegiatan pembelajaran diintegrasikan dengan pendidikan karakter. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di TK PGRI 10 Siliwangi, Semarang. Hasil dari kegiatan abdimas ini 1). pendidikan karakter sudah diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, tetapi belum ada media yang digunakan dengan tepat, 2). Kemampuan guru dalam pembuatan video pembelajaran sudah baik dan masih dapat ditingkatkan kembali. Peserta 3). abdimas memberikan respon yang positif terhadap pelatihan. Peserta sangat antusias dalam pelaksanaan pelatihan, peserta mendapatkan kemudahan selama pelatihan karena adanya buku panduan pembuatan video pembelajaran. Melalui pengabdian masyarakat ini harapannya kedepan dapat diimplementasikan di TK atau sekolah dengan skala lebih besar.

Keywords


software camtasia; pendidikan karakter; video pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ariani, N & Haryanto, D. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prospektif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Bahri, S dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Puspita, A. 2012. 87,3 Persen Guru Paud Tak Penuhi Standar Kompetensi. Diakses dari http://http://www.suara merdeka.com/v1/index.php/read/news_smg/202/05/27/119581/873-Persen-Guru-PAUD-Tak-Penuhi-Standar Kompetensi. Pada tanggal 23 Desember 2016, pukul 17.20 WIB.

Simonson, M., Smaldino, Sh., Albrigth, M., & Zvacek, S. (2012). Teaching and learning at a distance (5th ed.). Boston: Pearson Education. Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.2066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                       

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.