Simulasi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) sebagai Bagian Literasi SPAB di SD N Wonolelo 3
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat penguatan literasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam manajemen kebencanaan melalui penerapan SPAB di SD Negeri Wonolelo 3 Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Metode pengabdian yang digunakan pada pengabdian ini adalah pendampingan simulasi mitigasi bencana. Fokus dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pendampingan pelatihan P3K, pendampingan pemberdayaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS), dan pengadaan alat peraga kebencanaan. Kegiatan dilakukan secara bertahap pada bulan Oktober 2024. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan simulasi P3K ini berdampak pada pengetahuan dan keterampilan guru dalam pemberian pertolongan pertama pada kecelakaan dan pendayagunaan UKS di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Pedoman Pelaksanaan Sekolah Peduli dan Aman Bencana (SPAB). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulyaningsih, & Prajayanti, E. D. (2025). Meningkatkan kesiapsiagaan bencana di sekolah melalui pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Empowerment Journal, 5(1), 28–34.
Puspitasari, I., & Hermawan, H. (2021). Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Preventif di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45-52.
Rahman, S., & Dewi, A. (2020). Penerapan UKS dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(2), 105-112.
Rahmat, H. K., Frinaldi, A., Rembrandt, R., & Lanin, D. A. (2024). Model kesiapsiagaan bencana berbasis sekolah melalui program Satuan Pendidikan Aman Bencana di Kota Tangerang. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, 7(3), 655–668.
Rahmi, D. P., & Setyowati, D. L. (2023). Penguatan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana melalui Peningkatan Kompetensi Kesiapsiagaan Bencana bagi Guru SD. International Journal of Education and Development, 2(2), 165–177.
Ruslanjari, D., Sudjito, D., Nurdiansyah, M. I., & lainnya. (2024). Penguatan Pilar Ketiga Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SD Negeri Umbulharjo. Jurnal Igakerta, 1(4), 20–32
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, S., Sidqi, M. F., & Fajar, D. A. (2022). Evaluasi kesiapsiagaan Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pekalongan dalam penyediaan mutu dan inklusivitas pembelajaran pasca pandemic. Ainara Journal, 2(1), 42–49.
Wahid, A. (2023). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Penanggulangan Bencana Melalui Program Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat XYZ, 4(2), 100–110.
Widodo, T. (2021). Pengaruh metode simulasi bencana terhadap kesiapsiagaan peserta didik SMP Negeri 4 Cigeulis Kabupaten Pandeglang dalam menghadapi ancaman gempa bumi. Jurnal Pendidikan Geosfer, 6(1), 36–43.
Yugyasmono, H., & Kurniawan, F. A. (2021). Kesiapsiagaan Sekolah Menengah Pertama Dalam Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi di Kawasan Rawan Bencana III. Prosiding Sembadha, 2, 309–314.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i3.20751
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.


















