Sosialisasi Film Pendek: Adaptasi Buku Cerita Konten Lokal “Semangat Uli Meraih Mimpi”
Abstract
Materi ajar merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Keberagaman materi ajar diperlukan untuk memfasilitasi pembelajaran yang menarik di sekolah dasar. Melalui Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini, sebuah film pendek bermuatan konten lokal telah disosialisasikan dan dibagikan kepada empat Sekolah Dasar di Kabupaten Toba yang menjadi mitra institusi. PkM dilaksanakan dengan kegiatan menonton bersama di masing-masing sekolah, diskusi, dan tanya jawab tentang film pendek. Selain itu, kuesioner juga dibagikan kepada peserta sosialisasi di keempat sekolah dengan total 260 peserta. Tujuan kuesioner adalah untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap materi/konten lokal yang disampaikan melalui film pendek dan saran. Dari analisis deskriptif yang dilakukan, secara umum peserta sosialisasi berpendapat bahwa film pendek tersebut sangat mudah dipahami, sangat dekat dengan budaya dan kehidupan sehari-hari, dan sangat menarik dijadikan sebagai materi ajar di kelas. Selain itu, para peserta juga mampu mengidentifikasi budaya Batak Toba dan pesan moral yang disampaikan. Melalui sosialisasi dan diseminasi film pendek ini, diharapkan sekolah memiliki materi ajar yang beragam untuk mendukung pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, R., Sofiyan., & Nabilla, U. (2023). Program “Ceria (Cerdas Bermedia)”: Optimalisasi kreasi dan inovasi guru-guru di SMP Negeri 6 Langsa melalui pelatihan membuat komik digital berbasis budaya Aceh. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(4), 658-663. Retrieved from: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i4.13467
Esmoda, E. (2017). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap motivasi belajar pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 256-274.http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala.
Iqbal, M., Widya., Andriani, R., Mustafa, M. R. A. T., & Faisal. (2024). Pelatihan penulisan cerita anak bergambar berbasis E-book: Transformasi literasi digital. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 15(3), 648-658. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.20120
Pasaribu, M., Prasetyo, T.A., Lumban Gaol, T., Turnip, T. N., Damanik, J., . . . Sihombing, Y. (2023). Development of DelTalk (an English learning application) using agile method. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 16(1), 259-273. https://doi.org/10.24036/jtip.v16i1.662
Pasaribu, M., Damanik, J.Y., Lumban Gaol, T., Manurung, A., & Sinambela, E. (2024). Sosialisasi dan diseminasi buku konten lokal “Semangat Uli Meraih Mimpi” di Sekolah Dasar di Kabupaten Toba. Jurnal Panrita Abdi, 8(4), 931-941. https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/30495
Saputra, D. S., & Haryanti, Y. D. (2020). Efektivitas media film pendek dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(12), 138-142. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2207
Sari, F. N., Andyini, M., Yulianti., Supriyadi., & Hermawan, J. S. (2024). Analisis penggunaan media film dalam menumbuhkan karakter peserta didik pada pembelajaran Pancasila Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(4), 127-137. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/3500
Woolfolk, A., & Margetts, K. (2016). Educational psychology. (4th ed.). Melbourne, VIC: Pearson Australia.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i3.20847
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.


















