Pemberdayaan Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran Siswa Tunarungu di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Wilayah Kabupaten Pekalongan
Abstract
Semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus seperti tunarungu, berhak atas pendidikan. Namun, pendidikan inklusif masih menghadapi banyak tantangan di Indonesia, terutama dalam hal mendorong guru untuk membantu siswa tunarungu belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi upaya guru untuk mendukung siswa tunarungu yang belajar di sekolah inklusif di Kabupaten Pekalongan. Sebanyak 30 guru dari berbagai sekolah disurvei dan diwawancarai secara menyeluruh dalam penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru sangat puas dengan program pemberdayaan yang mencakup pendekatan maternal reflektif, adaptasi kurikulum, dan pelatihan bahasa isyarat. Metode ini terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, meningkatkan kemampuan guru untuk berkomunikasi, dan membantu siswa tunarungu berinteraksi dengan lebih baik. Meskipun demikian, sumber daya yang terbatas dan kebutuhan akan pelatihan terus menerus tetap menjadi masalah besar. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan komunitas, serta sumber daya pendidikan visual dan teknologi pendukung yang lebih baik. Hasil ini diharapkan dapat membantu perbaikan sistem pendidikan inklusif di Indonesia, terutama dengan membantu siswa tunarungu berkembang secara akademis dan sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Boothroyd, A. (1982). Development of speech perception in hearing-impaired children. Academic Press. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-116660-9.50008-8.
Hidayatullah, M., & Budi, S. (2020). Studi tentang pengembangan profesional guru dalam pendidikan inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(3), 45-57.
Iskandar, A. (2018). Peran guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(2), 110-119.
Kartadinata, S. (2019). Implementasi metode maternal reflektif dalam pendidikan khusus. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press.
Kuncoro, A., & Fadhilah, R. (2021). Efektivitas penggunaan media visual dalam pembelajaran untuk siswa tunarungu. Jurnal Ilmu Pendidikan Khusus, 9(1), 75-85.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moores, D. (2010). Visual communication and cognitive development in deaf education. American Annals of the Deaf, 155(4), 388-401. https://doi.org/10.1353/aad.2010.0039.
Nurhasanah, L., & Mahmudah, R. (2020). Pendidikan inklusi dan adaptasi kurikulum untuk siswa tunarungu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inklusi, 6(2), 115-125.
Rahmawati, N., & Kurniasih, E. (2020). Sikap positif dalam pendidikan inklusif: Studi kasus pada sekolah inklusi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 75-84.
Riduwan. (2018). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.
Setiawan, H., & Lestari, P. (2018). Strategi pengembangan kurikulum inklusi untuk siswa berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 6(2), 28-39.
Spradley, J. P. (2016). The ethnographic interview. Waveland Press.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, M. (2019). Perkembangan layanan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 10-19.
Sunardi, A., & Suryani, D. (2021). Peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran siswa tunarungu melalui pendekatan berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 11(3), 130-140.
Wahyuningsih, E., & Prasetyo, D. (2020). Model kolaborasi dalam pendidikan inklusif untuk mendukung anak berkebutuhan khusus. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(4), 210-220.
Widodo, T., & Santoso, H. (2022). Efektivitas pendekatan komunikasi total dalam pembelajaran siswa tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(1), 60-72.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v16i3.20859
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat has been indexed in:
E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.


















