IbM Industri Rumah Tangga Camilan di Kelurahan Pudakpayung, Semarang

Lucia Hermawati Rahayu, Ronny Windu Sudrajat, Sri Sutanti

Abstract


Program Pengabdian IbM ini dilaksanakan pada dua industri rumah tangga camilan di Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Semarang, yaitu IRT keripik sayur Berkah Zahran dan IRT kue jepit (belum berlabel). Kapasitas produksi dan kualitas produk di kedua IRT masih rendah dengan area pemasaran masih di sekitar Semarang, belum meluas ke daerah lain. Permasalahan yang dihadapi kedua mitra pada dasarnya sama, yakni menyangkut keterbatasan teknologi produksi. Permasalahan yang ada pada IRT Berkah Zahran meliputi: teknologi perajangan sayur, teknologi penirisan keripik, dan kapasitas peralatan penggorengan; sedangkan permasalahan pada IRT kue jepit meliputi teknologi pencampuran adonan, teknologi pressing kue jepit, kerusakan alat pencetak kue. Program IbM ini bertujuan untuk membantu dan memotivasi mitra meningkatkan kualitas produk dan kapasitas produksi kedua mitra melalui perbaikan teknologi produksi. Dengan demikian, pasar produk kedua mitra menjadi semakin luas dan dampaknya omzet mereka meningkat. Kegiatan IbM yang telah dilakukan adalah memberikan penyuluhan tentang teknologi produksi, pelatihan tentang pengoperasian alat produksi, dan serah terima alat produksi dari tim IbM kepada kedua mitra. Kegiatan IbM yang telah dilakukan memberikan dampak positif terhadap kualitas dan kuantitas (kapasitas produksi) di kedua IRT camilan. Proses produksi kedua mitra menjadi makin efisien dan efektif. Hal ini menjadikan kedua mitra termotivasi untuk meningkatkan kapasitas dan memperluas jangkauan pemasaran produknya.

Keywords


Camilan; Keripik Sayur; Kue Jepit; Teknologi Produksi

Full Text:

PDF

References


Alfan, E. 2012. Menata Produk. Sumber: http://alfanvkri.blogspot.co.id. Diunduh 16 Mei 2016

Anonim. Etalase. Sumber: https://id. wikipedia.org/wiki/Etalase. Diunduh 20 Mei 2016

Anonim. 2013. Mesin Mixer Adonan Roti dan Kue Kapasitas Home Industry. Sumber: http://mixerrotikue.blogspot. co.id/ diunduh 22 Mei 2016

Kiswanto, S.P. 2015. Alat Pengiris Singkong (Slicer). Sumber: https://kiswantosp. wordpress.com/. Diunduh 18 Mei 2016

Nugraha, M. A., Felayati, H. F., Irianto, A. B., Susilo, B., Argo, B. D., Lutfi M., dan Sugiarto, Y. 2014. Rancang Bangun Alat “Spinner Pulling Oil” sebagai Pengentas Minyak Otomatis dalam Peningkatan Mutu Abon Ikan Patin pada Koperasi Wanita Srikandi. Jurnal Teknologi Pertanian, 15(2): 103-110

Profil Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang Tahun 2015

Purwantana, B., Widodo, dan Radi, 2009. Desain Mesin Peniris Abon Tipe Sentrifugal untuk Meningkatkan Efisiensi, Produktivitas dan Kualitas Pembuatan Abon Skala Industri Rumah Tangga. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sari, D. A. H. 2012. Teknologi dan Metode Penyimpanan Makanan sebagai Upaya Memperpanjang Shelf Life. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 2 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.2257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                       

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.