KKN Posdaya MDGs Universitas PGRI Semarang sebagai Model Penanggulangan Kemiskinan di Kota Semarang

Sudargo Sudargo, Dias Andris Susanto, Suwarno Widodo, Ismatul Khasanah

Abstract


Pemerintah Kota Semarang sudah bersusah payah untuk membantu masyarakatnya dalam menanggulangi kemiskinan. Dengan menerbitkan beberapa program pengentasan kemiskinan diharapakan masyarakat bisa terentaskan dari lubang kemiskinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model KKN Posdaya MDGs untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Semarang yang dilakukan oleh institusi perguruan tinggi Universitas PGRI Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi R and D (Research and Development) dengan sample adalah 5 kecamatan di Kota Semarang yaitu; Genuk, Gayamsari, Tembalang, Banyumanik dan Pedurungan. Subject dari penelitian ini adalah mahasiswa, DPL, Perangkat Lurah, Perangkat Kecamatan, Pejabat SKPD/Institusi pemerintah dan masyarakat. Hasil penelitan ini adalah bahwa Model KKN Posdaya MDGs Universitas PGRI Semarang memuat program-program dalam rangka mengentaskan kemiskinan seperti; membuat dan memajukan koperasi, membantu meningkatkan usaha peningkatan penghasilan keluarga prasejahtera, membantu usaha peningkatan penghasilan keluarga, dan membangun kelompok usaha bersama, serta mendirikan usaha ekonomi produktif.

Keywords


KKN Posdaya; MDGs; Penanggulangan Kemiskinan

Full Text:

PDF

References


Abdul Gafur. 2003. Kecakapan Hidup (Life Skill). Kajian tentang Rasional,. Cakupan, dan Strategi Pembelajarannya. Makalah. Yogyakarta.

Depdiknas. 2002. Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pendekatan Broad-Based Education. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kemendiknas. 2011. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Program dan Dana Bantuan Sosial Desa Vokasi. Dirjen PAUD, Non Formal dan Informal, Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kemendiksas: Jakarta.

Nurkholis. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta : Alfhabeta.

Suyono, H. 2009. Pedoman Pelaksanaan KKN Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA). Jakarta. Citra Kharisma Bunda.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.2261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                       

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.