Pengenalan Entrepreneurship Variasi Olahan Ikan Patin di Grobogan

Noviana Dini Rahmawati, M. Anas Dzakiy, Agnita Siska P., Achmad Buchori

Abstract


Kondisi di Desa Karangpaing Penawangan Grobogan menunjukkan bahwa mayoritas penduduknya 80% petani, 5% pedagang dan 5 % PNS dan 10 % buruh tani. Berdasarkan info dari Pemerintah kabupaten Grobogan yang sedang menggalakkan kegiatan kewirausahaan yaitu melalui usaha perikanan. Desa Karangpaing memiliki potensi untuk mengembangkan perikanan karena daerah Desa Karangpaing dialiri oleh aliran irigasi bendungan Kedung Ombo sehingga memudahkan masyarakat dalam budidaya ikan, berdasarkan data dilapangan menunjukkan bahwa sebagian kecil masyarakatnya pernah mencoba usaha perikanan ikan lele tetapi belum ada yang sukses, hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dan teknis yang baik. Oleh sebab itu perlu diperkenalkan budidaya ikan yang lain seperti ikan patin yang nilai jualnya lebih tinggi dan lebih tahan terhadap hama dibanding ikan lele biasa. Hal ini menjadikan kami harus melakukan kerjasama dengan RW 1 dan RW 2 desa Karangpaing. Tujuan utama yang dibidik adalah mengembangkan kembali semangat warga untuk berwirausaha dalam bidang perikanan, menjadikan Desa Karangpaing menjadi sentra budidaya ikan patin dan meningkatkan taraf hidup warga. Target pada tahun pertama adalah warga RW I dan RWII mampu membuat tempat pembibitan ikan patin, memproduksi ikan patin, membuat variasi olahan ikan patin dan mampu memasarkan produk ikan patin. Kegiatan yang sudah dilakukan adalah 1) Penyuluhan tentang budidaya ikan Patin dan desain kolam ikan, 2) pembuatan kolam ikan patin 3) pelatihan tentang pembuatan variasi olahan ikan Patin dan packing hasil olahan, 4) workshop tentang strategi pemasaran produk ikan Patin. Dalam pelatihan variasi olahan ikan patin telah dilakukan pelatihan pembuatan variasi olahan ikan patin yang diikuti 2 kelompok yaitu gendhing jaya dan Nambangan Jaya dengan hasil olahan seperti pepes ikan patin, kripik kulit ikan patin, abon ikan patin dan nugget ikan patin, masyarakat sangat antusias mengikuti dan melakukan produksi secara mandiri.


Keywords


budidaya ikan patin; variasi olahan ikan patin; pemberdayaan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Anonim. 1995. Pembesaran Ikan Patin Dalam Hampang Banjarbaru: Lembar Informasi Pertanian.

Aida, S. N., dkk. 1992/1993. Pengaruh Pemberian Kapur Pada MutuAir dan Pertumbuhan Ikan Patin di Kolam Rawa Non Pasang Surut, dalam Prosiding Seminar Hasil Penelitian Perikanan Air Tawar.

Arifin, Z. 1987. Pembenihan Ikan Patin (Pangasius pangasius) Dengan Rangsangan Hormon, Buletin Penelitian Perikanan Darat, 6 (1): 42‐ 47.

Arifin, Z. 1992/1993. Pengaruh Pakan Terhadap Pematangan Calon Induk Ikan Patin (Pangasius pangasius), dalam Prosiding Seminar Hasil Penelitian Perikanan Air Tawar.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.2313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                       

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.