Pembinaan Pola Pikir Komputasi dan Informatika pada Siswa Sekolah Dasar

Sukmawati Nur Endah, Eko Adi Sarwoko, Nurdin Bahtiar, Adi Wibowo, Kabul Kurniawan

Abstract


Bebras adalah sebuah inisiatif internasional yang tujuannya adalah untuk mempromosikan Computational Thinking (Berpikir dengan landasan Komputasi atau Informatika), di kalangan guru dan murid mulai kelas 3 SD, serta untuk masyarakat luas. Berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). Tantangan bebras menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional. Cara untuk mempromosikan computational thinking adalah dengan menyelenggarakan kegiatan kompetisi secara daring (on line), yang disebut sebagai "Tantangan Bebras" (Bebras Challenge). Tantangan Bebras bukan hanya sekedar untuk menang. Selain untuk berlomba, tantangan Bebras juga bertujuan agar siswa belajar Computational Thinking selama maupun setelah lomba. Pengabdian ini berupaya untuk mensosialisasikan dan melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah mengenai bebras task sehingga harapannya siswanya mampu bersaing untuk ikut dalam Bebras Challenge Indonesia di tahun mendatang. Kegiatan ini meliputi pre test, pembahasan dan post-test terkait soal-soal Bebras (Bebras Task). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata pemahaman pola pikir komputasi dan informatika pada SD Ummul Quro’ sebesar 13,74% untuk siswa kelas IV dan V serta sebesar 10% untuk siswa kelas III.

Keywords


pola pikir komputasi; soal bebras; informatika

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F., Sutaryono, Witanto, Y. Dan Ratnaningrum, I. 2017. Pengembangan Media Edukasi “Multimedia Indonesian Culture” (MIC) sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 34, No. 2, pp. 127-136

Asropah, Alfiah, Khasanah, I. dan Sulanjari, B. 2015. Pembentukan Karakter Siswa PAUD Melalui Tembang Dolanan Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Education-Pengabdian Kepada Masyarakat (E-Dimas), Vol. 6, No. 1, pp. 83-93

Bebras Indonesia, http://bebras.or.id, diakses pada tanggal 1 Maret 2017

Bebras Challenge Indonesia, https://olympia. id/course/view.php?id=14, diakses pada tanggal 1 Maret 2017

Contoh Soal 1. UK-2015; Kode soal : I-2015-TR-08. Castors-A

Contoh Soal 2. UK-2015; Kode Soal : I-2015-SK-04. Kits-A/Castors-B/Juniors-B/Intermediates-B

Setyadi, A., Iskak, A., Sukmaningrum, R. dan Hawa, F. 2015. Komputer Interaktif sebagai Media Pengajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Education-Pengabdian Kepada Masyarakat (E-Dimas), Vol. 6, No. 1, pp. 1-12

Sukma, E.S. 2017. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inquiri pada Siswa Kelas IV SD Negeri Wonoyoso. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 34, No. 2, pp. 113-119




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.