Pelatihan Pengembangan Web Profil Desa bagi Aparatur Pemerintah Desa

Halim Budi Santoso, Rosa Delima, Argo Wibowo

Abstract


Perkembangan Teknologi Informasi menjadi salah satu punggung bagi penyebaran informasi ke masyarakat luas. Penggunaan Teknologi Informasi ini juga telah dilakukan oleh masyarakat perdesaan untuk mempublikasikan potensi desa yang dimiliki melalui penggunaan Website profil desa. Potensi yang dimiliki oleh desa ini sangat unik dan beragam. Penggunaan website profil desa juga membantu untuk menyebarluaskan kepada masyarakat di luar desa tersebut. Akan tetapi, salah satu kendala yang dihadapi oleh masing-masing desa dalam pengembangan website profil desa adalah kemampuan aparatur desa untuk mengembangkan website profil. Keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh aparatur desa mendorong tim pengabdi untuk melatih aparatur bagi 3 desa, yaitu Desa Mukiran, Desa Rogomulyo, dan Desa Kaliwungu. Ketiga desa ini berada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan pelatihan ini dilakukan selama 3 hari yang dimulai pada Senin, 4 Juni 2018 dan berakhir pada Rabu, 6 Juni 2018. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Perpustakaan Desa Mukiran, Ngudi Ilmu. Masing-masing desa mengirimkan 3 aparaturnya untuk dapat mengikuti kegiatan ini. Pengukuran yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah dengan menggunakan pretest dan posttest untuk masing-masing materi yang disampaikan. Terdapat 2 pokok bahasan utama dalam kegiatan pelatihan ini, yaitu arsitektur informasi website dan pengembangan website profil dengan Wordpress. Hasil lain yang di dapat dari pelatihan ini adalah draft website profile bagi masing-masing desa dan sudah di hosting secara online.


Keywords


potensi desa; pelatihan; website profil desa; wordpress

Full Text:

PDF

References


Achsin, S. N., Cangara, H. & Unde, A. A., 2015. Profil Desa dan Kelurahan Sebagai Sumber Informasi: Studi Evaluasi Tentang Penyediaan Informasi Potensi Desa dan Kelurahan di Sulawesi Selatan Oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(4), pp. 449-267.

Arbainah, S., 2014. Pemasaran Bersama Berbasis ICT sebagai Media Promosi Alternatif Bagi UMKM Desa Wisata. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Perbankan Indonesia, 22(2), pp. 180 - 187.

Hartono, D. U. & Mulyanto, E., 2010. Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan dan Potensi Desa Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi, 6(1), pp. 9-21.

Indah, I. N. & Yulianto, L., 2011. Pembuatan Website sebagai Sarana Promosi Produk Kelompok PIDRA Desa Gawang Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(4), pp. 30 - 33.

Sugiyanto, S., 2015. Membangun Website Profile Desa Kedungmalang. Techno, 16(1), pp. 45-49.

Wahyuningrum, T. & Januarita, D., 2014. Perancangan Web e-Commerce dengan Metode Rapid Application Development (RAD) untuk Produk Unggulan Desa. Semarang, Universitas Dian Nuswantoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

    

    

    

    

    

    

    

    

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.