PKM Sekolah Dasar di Desa Tumpang Krasak Kecamatan Jati dan Desa Dersalam Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah

Nasriyah Nasriyah, Ummi Kulsum, Ria Etikasari

Abstract


Salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya bagi anak usia sekolah dengan menyediakan makanan jajanan yang bergizi guna memenuhi kebutuhan tubuh selama mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Di Indonesia saat ini sudah banyak variasi makanan jajanan yang dijual untuk anak termasuk di lingkungan sekolah tetapi sayangnya tidak semuanya aman dikonsumsi oleh anak. Penelitian yang dilakukan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyebutkan bahwa makanan jajanan yang banyak dijual di sekitar sekolah masih dicampur dengan berbagai zat berbahaya untuk menarik minat anak untuk membelinya. SD 01 Tumpang Krasak dan SD 02 Dersalam Kudus memiliki masalah yang hampir sama terkait dengan warung atau pedagang jajanan di lingkungan sekolah, dimana warung tidak memenuhi syarat jajanan sehat pada anak serta jajanan yang dijual banyak mengandung pengawet, pewarna dan perasa makanan Meskipun ada sebagian makanan yang memenuhi kriteria jajanan sehat, banyak anak sekolah yang lebih memilih jajanan yang tidak memenuhi kriteria sehat karena lebih menarik. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti diare, radang tenggorokan, influenza, yang menyebabkan lemahnya daya tahan tubuh anak sehingga mengganggu kegiatan belajar. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat melalui sosialisasi tentang jajanan sehat kepada mitra, pembentukan paguyuban pedagang makanan dan minuman jajanan sehat, pembentukan kader kesehatan terkait jajanan sehat, penyusunan job description pengurus dan pengawas, serta kesepakatan pelaksanaan monitoring dan evaluasi ke depan, Pelatihan Pedagang makanan dan minuman jajanan tentang cara menyiapkan makanan dan minuman jajanan sehat beserta variasi makanan yang bisa disiapkan, cara menyajikan makanan dan minuman jajanan sehat untuk menjamin kebersihan, keamanan dan kualitasnya. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah terbentuknya kader sekolah dan paguyuban pedagang sekolah, terbentuknya kantin sehat di sekolah. Dengan demikian terpeliharanya kualitas jajanan anak sekolah sehingga mencapai status gizi yang baik dan menurunnya kejadian sakit pada anak sekolah.


Keywords


pedagang; makanan dan minuman jajanan sehat; anak sekolah

Full Text:

PDF

References


Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. 2008. Kemasan Polisiterina foam (Styrofoam). Info POM, 9(5):1-3

Fathonah S. 2005. Higiene dan Sanitasi Makanan. Semarang: UNNES Press.

Furnham, A. 1999. Economic Socialisation: a study of adult’s perception s of uses of allowances (pocket money) to educate children. British journal of Developmental Psychology,17(4):585-604.

Komsan, Ahmad. 2003. Gizi dalam Kehidupan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maskar, Muhamad. 2004. Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. Jakarta: Raja Grafindo.

Mcdonnell E, Probart C, Weirich E, Hartman T, Birkenshaw P. 2004. School Breakfast Programs: Perception and barriers. Journal of Children Nutrition and Management. Available from: URL: http://docs.schoolnutrition.org/newsroom/jcnm/04fall/mcdonnell/index.asp

Muhilal, Damayanti D. 2006. Gizi Seimbang untuk anak sekolah dasar. Dalam: Hidup Sehat Dalam Siklus Kehidupan Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nafsiah, S. 2000. Makanan Sehat dan Hidup Sehat. Jakarta: Prestasi Insan Indonesia.

Notoatmodjo. (2000). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Pradipta A. 2013. Hubungan Perilaku Jajan dengan Kejadian Diare pada Anak Sekolah Dasar. [skripsi]. Banjarmasin: Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

Rohmah J. 2008. Tingkat Kesukaan Makanan Jajanan yang Mengandung dan Tidak Monosodium Glutamat (MSG) pada anak usia sekolah (Studi di SDN Pacar Keling III/184 Tambaksari, Surabaya [skripsi]. Surabaya: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.

Saryono, Anggraeni MD. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Mulia Medika

Sihadi. 2004. Makanan Jajanan Bagi Anak Sekolah, Jurnal Kedokteran

Supariasa, I Dewa Nyoman. 2001. Makanan dan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia.

Suyanto, WH. 2008. Kebiasaan Jajan di Sekolah dan Konstribusinya Terhadap Total Asupan dan Tingkat Kecukupan Zat Gizi pada Anak Sekolah Dasar [skripsi]. Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Titi Novariska. 2004. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pusta Umum.

Widodo. Hati-Hati Menggunakan Plastik untuk Kemasan Makanan. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya [cited 2008 April 23]

Wijayati, E. S. 2008. Mengenal Makanan Sehat. Bogor: Wisma Hijau.

Winarno, F.G. 1984. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.2834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                  

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.