Aplikasi Cabri 3D Berbantu Camtasia Studio untuk Pembelajaran Matematika di SMP
Abstract
Berdasarkan diskusi dengan beberapa guru matematika SMP, diperoleh data bahwa pemanfaatan komputer dalam pembelajaran baru sebatas penggunaan powerpoint sehingga guru-guru matematika SMP masih menghadapi kesulitan dalam pembuatan media pembelajaran, bahan ajar, maupun instrumen penilaian hasil belajar matematika yang baik dan benar. Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan pelatihan aplikasi Cabri 3D berbantu Camtasia Studio kepada guru-guru matematika SMP untuk membantu guru-guru tersebut dalam proses pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman guru tentang peranan media pembelajaran pada umumnya dalam pembelajaran matematika, meningkatkan pengetahuan guru tentang media pembelajaran virtual (mathlet) yang baik. Metode yang akan dilakukan dalam kegiatan ini adalah melalui beberapa tahap, yaitu observasi langsung, wawancara, presentasi, dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini adalah guru dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran sesuai dengan ilmu yang diperoleh dalam pelatihan, guru lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan proses pembelajaran tentang media pembelajaran virtual, guru dapat menggunakan aplikasi Cabri 3D berbantu Camtasia Studio untuk membuat media pembelajaran virtual, guru dapat membuat media visual, bahan ajar, dan instrumen penilaian yang berkaitan dengan materi geometri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Asri Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiman, H. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbantuan Cabri 3D (online) http://repository.upi.edu/tesisview.php?no_tesis=1366 diakses September 2017 jam 13.30.
Bustomi, A. Y. 2010. Aplikasi Pembelajaran Panca Indra pada Manusia Berbasis Android. Jurnal Telematika, Vol. 3, No. 1, 25-36.
Cabri. (2012). Cabri Strengths. (online) http://www.Cabri.com/educative-software.html diakses September 2017 jam 13.20.
Djamarah & Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., &Lavicza, Z. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra [Online]. Tersedia:http://www.geogebra.org/publications/2008-ICME-TSG16-Calculus-GeoGebra-Paper.pdf diakses September 2017 jam 13.00.
Noraini. 2004. Teaching and Learning of Geometry : Problems and Prospects. Masalah Pendidikan Jilid 27, 165-178.
Pinahayu, EAR., Adnyani, LPW., And Auliya, RN. 2018. Implementasi Aplikasi Wingeom Untuk Pengembangan Bahan Ajar Di SMP. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 01, No. 02, 112 – 121.
Pranasiwi, O., dkk. 2015. Pengembangan Aplikasi Kunci Determinasi Berbasis Android Pokok Bahasan Mamalia di SMA/MA. Artikel Ilmiah Mahasiswa, Vol. 2, No. 1, 1-7.
Sabandar, J. (2002). Pembelajaran Geometry dengan Menggunakan Cabry Geometri II. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. ISSN: 0852-7792 Tahun VIII, Edisi Khusus, Juli 2002.
Siswanto, E. (2011). Pengaruh Penggunaan SoftwareCabri 3D V2 Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Dimensi Tiga dan Motivasi Siswa SMA (online) http://repository.upi.edu/tesisview.php?no_tesis=1366 diakses September 2017 jam 14.00.
Supriyono, A. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Berbasis Cabri 3D. Program Pascasarjana UNSRI: Tesis tidak dipublikasikan.
Xavier, A.G. (2008). Geometry. AMSCO School Publications, New York.
Zainal Aqib and Sujak. 2011. Panduan & Aplikasi PENDIDIKAN KARAKTER. Bandung:Yrama Widya.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.