Meningkat Motivasi Guru dengan Metode Hypnoteaching

Abdul Karim, Arfatin Nurrahmah, Indra Martha Rusmana

Abstract


Tujuan dari kegiatan pelatihan metode Hypnoteaching untuk meningkatkan motivasi guru ini dimaksudkan untuk mempersiapkan dan sebagai penyegaran bagi guru dalam kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan di lingkungan Yayasan La Royba Kota Serang. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya variasi dalam kegiatan belajar dan mengajar dikelas. Dari hasil diskusi melalui pimpinan SDIT, SMPIT dan Pondok Pesantren La Royba terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam menyiapkan materi pembejaran dikelas seperti kurangnya waktu persiapan yang dimiliki guru sehingga berdampak terhadap materi yang dikemas menjadi tidak menarik. Selain itu, guru dirasa kurang tepat dalam pemilihan metode, pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang efektif. Berkenaan dengan masalah tersebut maka perlu adanya suatu sosialisasi dan pelatihan mengenai metode pembelajaran Hypnoteaching untuk memberikan gambaran dan memotivasi guru dalam menciptakan produk metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penerapan pembelajaran dengan metode Hypnoteaching diharapkan dapat menciptakan menciptakan kondisi pembelaharan yang menarik minat dan motivasi peserta didik untuk belajar.

Keywords


pelatihan metode hypnoteaching

Full Text:

PDF

References


Hajar, I. 2012. Hypnoteaching: Memaksimalkan Hasil Proses Belajar Mengajar Dengan Hipnoterapi. Yogjakarta: Diva Press.

Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristika, Implementasi dan Motivasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusmana, I. M., & Agustina, L. 2016. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

    

    

    

    

    

    

    

    

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.