Aplikasi Teknologi Ulir Filter (TUF) dengan Media Geomembrane sebagai Upaya Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Produksi Garam di Kabupaten Pati Jawa Tengah

Hasbi Yasin, Sugito Sugito, Moch. Abdul Mukid, Alan Prahutama

Abstract


Kebutuhan akan garam semakin meningkat, baik kebutuhan garam rumah tangga apalagi kebutuhan terhadap garam industri. Kabupaten Pati sebagai salah satu pusat produksi garam di Jawa Tengah diharapkan mampu untuk memenuhi permintaan garam yang semakin meningkat. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan peningkatan kualitas dan kuantitas garam melalui teknologi yang tepat, murah, dan mudah diaplikasikan oleh para petani garam. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah produksi garam dengan sistem Teknolgi Ulir Filter (TUF) dengan media Geomembrane. Metode ini mampu meningkatkan efisiensi waktu produksi dan juga mampu meningkatkan kualitas garam yang dihasilkan. Oleh karena itu, Tim Pengabdian PKUM Undip bekerja sama dengan Kelompok Usaha Garam Rakyat (KUGAR) Karya Makmur dan KUGAR Garam Mulya dalam upaya meningkatkan produksi kuantitas dan kualitas garam di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk perbaikan Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang teknik produksi garam dan pemberian bantuan alat produksi untuk meningkatkan kapsitas produksi dan kualitas garam yang dihasilkan. Hasil kegiatan ini mampu meningkatkan produksi garam mencapai 30-40% dengan kualitas garam yang lebih baik (Kualitas K1/Garam Super).


Keywords


geomembrane; kugar garam mulya; kugar karya makmur; teknik ulir filter

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Jawa Tengah, 2002, Laporan Penelitian Garam Beriodium.

BPPP Tegal, 2015, Pembuatan Garam Rakyat dengan Teknologi Geomembrane, http://www.bppp-tegal.com/web/index.php/artikel/pegaraman/204-pembuatan-garam-rakyat-dengan-teknologi-geomembrane

Dinas Perindustrian & Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, 2006, Hasil Pemantauan Mutu Garam Beryodium Provinsi Jawa Tengah.

Nugroho, F. E., 2015, Terapkan Teknologi Ulir Filter Produksi Garam Bisa Meningkat 400 Persen, http://jateng.tribunnews.com/2015/10/31/terapkan-teknologi-ulir-filter-produksi-garam-bisa-meningkat-400-persen.

Puslitbang, 2012, Kajian Standard Nasional Indonesia untuk Produk Unggulan UKM Sektor Pangan, BSN, Jakarta.

Putra, Y. M. P., 2015, Teknologi Ulir Filter Tingkatkan Kualitas Garam, http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/15/09/29/nvfuso284-teknologi-ulir-filter-tingkatkan-kualitas-garam-part1

SNI Garam Beriodium, http://sisni.bsn.go.id/index.php?/sni_main/sni/detail_sni/3964 diakses tanggal 25 Maret 2018.

Senawi, J., 2014, Produksi Garam Rakyat Teknologi Ulir Filter (TUF) dengan Media Terpal di Kabupaten Pati, http://103.7.52.60/mfce/html/index.php?id=artikel&kode=45 diakses tanggal 18 April 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

    

    

    

    

    

    

    

    

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.