Konstruksi Tes High Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru Matematika SMP di Manggarai Timur

Silfanus Jelatu, Kanisius Mandur, Alberta Parinters Makur, Fransiskus Nendi, Bedilius Gunur

Abstract


Kegiatan pelatihan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan soal HOTS dalam seiap proses evaluasi pembelajaran. Pengembangan tentang HOTS saat ini menjadi pusat perhatian pendidikan dan pada bagian tertentu, kurikulum untuk matematika sekolah menengah telah bergeser pada pengembangan berpikir HOTS. Kegiatan ini dilakukan kepada guru-guru matematika SMP di kabupaten Manggarai Timur. Tujuannya adalah agar mereka dapat memahami apa itu HOTS serta bagaimana menyusun soal HOTS. Metode pelaksanaan program adalah melakukan pelatihan berupa pengenalan HOTS, cara menyusun soal HOTS, dan menelaah soal-soal yang dihasilkan oleh para guru. Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan lima dosen yang berasal dari program studi pendidikan matematika STKIP Santu Paulus. Hasil dari penelaan soal menunjukkan bahwa semua peserta memahami apa itu HOTS dan berhasil menyusun soal HOTS sesuai dengan prosesur penyusunan soal HOTS. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara semua peserta menyatakan menyukai kegiatan pelatihan yang dibawakan oleh tim. Salah satu rekomendasi dan komitmen bersama dari kepala sekolah dan para guru setelah kegiatan ini adalah mewajibkan menyusun soal HOTS pada setiap proses evaluasi pembelajaran.

Keywords


instrumen tes; HOTS; guru matematika

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H., Mokhtar, M., Halim, N. D. A., Ali, D. F., Tahir, L. M., & Kohar, U. H. A. (2017). Mathematics Teachers' Level of Knowledge and Practice on the Implementation of Higher-Order Thinking Skills (HOTS). Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 13(1).

Anthony, G., & Walshaw, M. (2009). Effective pedagogy in mathematics (Vol. 19). Belley, France: International Academy of Education.

Bales, B. L. dan Saffold, F. (2011). A New Era in the Preparation of Teachers for Urban Schools: Linking Multiculturalism, Disciplinary-Based Content, and Pedagogy. Urban Education. 46(5), 953–974.

Ganapathy, M., & Kaur, S. (2014). ESL students’ perceptions of the use of Higher Order Thinking skills in English language writing. Advances in Language and Literary Studies, 5(5), 80-87.

Grounlund, Norman E. 1982. Constructing Achievement Tests third Edition. USA: Prentice Hill, Inc., Englewood Cliffs.

Jelatu, S., Mandur, K., Jundu, R., & Kurniawan, Y. (2018). RELASI ANTARA VISUALISASI SPASIAL DAN ORIENTASI SPASIAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI RUANG. JOURNAL OF SONGKE MATH, 1(1), 47-59.

Kemendikbud. 2017. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru jenjang Sekolah Menengah Pertama. Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Makeleni, N. T. dan Sethusha, M. J. (2014). The Experiences of Foundation Phase Teachers in Implementing the Curriculum. Mediterranean Journal of Social Sciences. 5(2), 103-109.

Putra, S. Rizema. 2013. Desain Evaluasi Belajar berbasis Kinerja. Jogjakarta: Diva Press

Nelson, B. S. dan Sassi, A. (2000). Shifting Approaches to Supervision: The Case of Mathematics Supervision. Educational Administration Quarterly. 36(4), 553-584.

Yong, H. T., & Sam, L. C. (2008). Implementing school-based assessment: The mathematical thinking assessment (MATA) framework. In Innovation and Pedagogy Seminar, Institute of Teacher Education, Sarawak.

Zhang, Z. dan Judith, A. B. (2003). Classroom Assessment Practices and Teachers’ Self Perceived Assessment Skills. Applied Measurement in Education. 16(4), 323–342




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

    

    

    

    

    

    

    

    

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.