Budidaya Naga di Kebun: Pengolahan Buah Naga dalam Rangka Peningkatan Produksi Ekonomi Desa Bululor, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo

Hervina Nurullita, Hendra Afiyanto, Endrik Safudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memotong mata rantai kemiskinan di Desa Bululor, Kecamatan Jambon. Mata rantai kemiskinan di Desa Bulu Lor dapat dipotong jika masyarakat mampu mengubah pola pikir terkait tanaman pertanian. Tanaman pertanian untuk konsumsi didiversifikasi dengan tanaman alternatif untuk produksi. Berubahnya pola pikir ini akan mengubah jenis tanaman pertanian dari padi ke buah naga. Efeknya adalah lahan pertanian tidak hanya untuk tanaman padi (baca=konsumsi), tetapi masyarakat sudah berpikir lahan pertanian dan pekarangan kosong juga digunakan untuk buah naga (baca=produksi). Perubahan pola pikir dan diversifikasi tanaman pertanian akan mampu meningkatkan income lebih untuk kenaikan taraf ekonomi masyarakat. Nantinya dengan banyak munculnya wirausahawan buah naga maka pendapatan masyarakat meningkat. Peningkatan pendapatan masyarakat berelasi dengan meningkatnya tingkat pendidikan generasi muda. Jika tingkat pendidikan sudah mulai mengalami peningkatan maka secara perlahan angka kemiskinan di tahun berikutnya sedikit dapat dikurangi. Melalui tulisan ini disimpulkan adanya agen dari luar sangat diperlukan bagi masyarakat Desa Bulu Lor. Agen berfungsi untuk memberikan pengetahuan tentang budidaya buah naga. Dengan adanya agen akan dapat memotong mata rantai pola pikir masyarakat yang cenderung take it for granted, sehingga masyarakat terbuka peluangnya untuk mencapai tujuan yang dikehendaki sendiri. 


Keywords


buah naga; masyarakat; wirausaha

Full Text:

PDF

References


Alma Buchari. 2017. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

BPS Kabupaten Ponoro. 2016. Statistik Daerah Kecamatan Jambon 2016. Ponorogo: BPS Kabupaten Ponorogo.

Kasali, Rhenalds. 2011. Wirausaha Muda Mandiri. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kartodirdjo, Sartono. 1993. Pembangunan Bangsa. Yogyakarta: Aditia Media.

Poerwadarminta. WJS. 1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Soekanto Soerjono. 2015. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soehadi. Agus, dkk. 2011. Enterpreneurship Education. Jakarta: Prasetya Mulya Publishing.

Suherman, Eman. 2008. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Wiradi, Gunawan. 2008. Dua Abad Penguasaan Tanah, Pola Penguasaan Tanah Pertanian di Jawa Dari Masa ke Masa. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

    

    

    

    

    

    

    

    

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.