Pelatihan Mading Sekolah bagi Siswa SMP Muhamamdiyah 19 Sawangan dan SMA Muhammadiyah 07 Sawangan

Syarif Hidayatullah, Sulistyawati Sulistyawati, Abdul Rahman Jupri

Abstract


Mading sekolah merupakan salah satu upaya untuk menanamkan budaya literasi, namun hal tersebut tidak terjadi pada SMP Muhammadiyah 19 Sawangan dan SMA Muhammadiyah 7 Sawangan. Mading sekolah di kedua sekolah tersebut minim tulisan dan jarang terbit. Hal tersebut dikarenakan minimnya wawasan mereka tentang cara menulis beragam karya tulis dan pengelolaan mading. Oleh karena itu, tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan wawasan sekaligus praktik tentang penulisan beragam karya tulis dan pengelolaan mading sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut metode yang digunakan adalah metode praktek. Para peserta dituntut untuk menulis dan membuat sistem pengelolaan mading sekolah. Setelah diberikan pelatihan, kegiatan ini berhasil membuat para peserta mampu menulis beragam karya tulis dan membuat sistem pengelolaan mading.


Keywords


mading sekolah; siswa; literasi

Full Text:

PDF

References


Jayanti, Ni Made Dian Dwi, dkk. 2014. Pembinaan Ekstrakurikuler Majalah Dinding di SMP Negeri Se-Kecamatan Negara. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-12.

Nursisto. 1999. Membina Majalah Dinding. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Permatasari, Ane. 2015. Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Yogyakarta: Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB.

Zubaidah, Enny dan Bambang Saptono. Pengelolaan Majalah Dinding Sekolah. Jurnal Ilmiah Guru Cope: Caraka Olah Pikir Edukatif, 8(1), 35-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

    

    

    

    

    

    

    

    

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.