Program Diversifikasi dan Uji Organoleptik Produk Olahan Daging dan Telur Itik Cihateup di Dusun Cihateup Kabupaten Tasikmalaya

Andri Kusmayadi, Ristina Siti Sundari

Abstract


Itik Cihateup merupakan komoditas unggas lokal Jawa Barat yang proses domestikasinya berasal dari Dusun Cihateup di daerah Kabupaten Tasikmalaya. Itik Cihateup banyak ditemukan di daerah asalnya yang dibudidayakan sebagai penghasil daging dan telur yang dibutuhkan masyarakat sebagai salah satu sumber protein hewani. Konsumen daging dan telur itik tidak sebanyak konsumen daging dan telur ayam dikarenakan karakteristik produk yang berbeda. Melalui pengolahan produk daging dan telur itik sebagaimana pengolahan pada produk ayam perlu dikembangkan agar konsumen produk itik meningkat. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan dan daya kreativitas masyarakat dalam memanfaatkan potensi lokal desa (itik Cihateup) melalui penerapan teknologi tepat guna. Adapun tujuan khusus kegiatan ini yaitu untuk menghasilkan produk olahan daging dan telur itik yang berkualitas. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan secara berkesinambungan selama 1 Tahun mulai Januari sampai Desember 2018. Metode pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan yaitu penyuluhan, pelatihan dan pendampingan pada kelompok ternak Megar Bebek Cihateup di Dusun Cihateup Desa Sukanagalih Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Produk yang dihasilkan selanjutnya dilakukan uji organoleptik oleh panelis terpilih untuk menguji kualitas produk dari segi rasa, warna, aroma, tekstur dan tingkat penerimaan.

Keywords


diversifikasi; daging; telur; itik Cihateup; pengabdian

Full Text:

PDF

References


Hidayat, M., Zuprizal, Z., Sundari, S., Kusmayadi, A., Wati, A.K. 2018. Consumer Preferences Organoleptically Towards Broiler Chicken Supplemented with Nanoencapsulated Liquid Turmeric Extract in Drinking Water. Animal Production, 20(2): 103-108.

Kusmayadi, A., Nurhidayah, S., Jakiyah, U., Sundari, R.S. 2019. Pemberdayaan Kelompok Peternak Itik Melalui Pemanfaatan Keong Sawah Sebagai Alternatif Pakan Itik di Dusun Cihateup, Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1): 81-86.

Pakpahan, A. dan S.H. Suhartini. 1989. Permintaan Rumah Tangga Kota di Indonesia Terhadap Keanekaragaman. Jurnal Agro Ekonomi. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Poedjiadi, A. 2006. Dasar-dasar Biokimia. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Prahasta, A. dan Masturi, H. 2009. Agribisnis Itik. Bandung: Pustaka Garfika.

Riyadi, 2003. Kebiasaan makan masyarakat dalam kaitannya dengan penganekaragaman konsumsi pangan. Prosiding Simposium Pangan dan Gizi serta Konggres IV Bergizi dan pangan Indonesia. Jakarta.

Soeparno, Rihastuti, R.A., Indratiningsih, Triatmojo, S. 2011. Dasar Teknologi Hasil Ternak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suyastiri YP, N.M. 2008. Diversifikasi Konsumsi Pangan Pokok Berbasis Potensi Lokal Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Kecamatan Semin Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 13(1): 51-60.

Warisno. 2005. Membuat Telur Asin Aneka Rasa. Jakarta: AgroMedia Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

    

    

    

    

    

    

    

    

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.