Permainan Interaktif Berkarakter bagi Anak Kelompok Basis Gereja Santu Fransiskus dalam Mengembangkan Kemampuan Konservasi

Valeria Suryani Kurnila, Apolonia Hendrice Ramda, Hildegardis Mulu, Eufrasia Jeramat, Ricardus Jundu

Abstract


Konservasi merupakan salah satu realisasi perkembangan anak yang menyatakan bahwa sesuatu tetap konstan/konsisten meskipun ditempatkan dalam berbagai posisi dan permukaan wadah yang berbeda-beda. Hasil Penelitian pada 20 Sekolah Dasar di Kabupaten Manggarai menunjukkan bahwa kemampuan konservasi liquid dan substansi anak-anak usia 6-8 tahun masih sangat rendah. Anak-anak pada usia tersebut masih berada pada tahap operasional konkret. Oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah permainan. Permainan yang digunakan bersifat interaktif dan berkarakter dengan memanfaatkan permainan yang biasa mereka lakukan sehari-hari misalnya permainan ular tangga dan permainan kartu domino. Permainan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi permainan Interaktif berkarakter. Agar bisa menjangkau anak-anak dari Sekolah Dasar yang bervariasi, maka kegiatan ini dilakukan di salah satu kelompok Basis Gereja, yaitu KBG Santu Fransiskus. KBG ini berada dalam sebuah Paroki yang biasanya melakukan kegiatan keagamaan. Sehingga kegiatan Permainan Interaktif berkarakter dilakukan secara terintegrasi dengan kegiatan keagamaan seperti renungan kitab suci, belajar lagu rohani dan doa bersama. Kegiatan dengan menggunakan permainan ini tidak hanya untuk anak usia 6-8 tahun, tapi juga untuk yang berusia 9 tahun. Kemampuan konservasi yang ingin ditingkatkan pun tidak hanya liquid dan substansi, tapi juga pada kemampuan konservasi panjang.

Keywords


permainan interaktif berkarakter; kemampuan konservasi

Full Text:

PDF

References


Elliot, et. al. 2000. Educational Psychology. Singapore: McGraw-Hill.

Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi aksara

Hergenhahn, B.R & Olson, M.H. 2008. Theories of Learning. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Kennedy, L.M., Tipps, S., & Johnson, A. 2008. Guiding children’s learning of mathematics (third edition). USA: Thomson Wadsworth.

Kurnila, V., & Ramda, A. 2017. Analisis Kemampuan Konservasi liquid dan Substansi Anak Usia 6-8 tahun Se-Kabupaten Manggarai, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 5, 22-27, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Diambil dari https://scholar.google.co.id/ scholar?oi=bibs&cluster=16606074853807403555&btnI=1&hl=en

Kurnila, V., Tamur, M., Ramda, A., & Makur, A. 2018. Keefektifan Permainan Geometri Berbasis Karakter terhadap Prestasi Belajar dan Apresiasi pada Matematika. Prosiding SENAMKU, 1, 54-72. Diambil dari https://journal.uhamka.ac. id/index.php/senamku/article/view/2783.

Kurnila, V., Jau, M., Fedi, S., & Kurniawan, Y. 2018. Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Saintifik dan Koperatif Tipe NHT, serta Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(2), 132-145. https://doi.org/10.15642/jrpm. 2018.3.2.132-145

Munadi Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Philips, D.G & Philips, D.R. 1996. Structure of Thinking Concrete Operations. USA: Kendala/Hunt Publishing Company.

Samani & Hariyanto. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

    

    

    

    

    

    

    

    

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.