Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Financial Literacy bagi Guru-Guru Ekonomi di Kabupaten Lombok Timur

Musdholifah Musdholifah, Ulil Hartono, Andre Dwijanto Witjaksono

Abstract


Pendidikan di Indonesia harus diakui masih jauh berada di bawah rata-rata negara berkembang lain jika dilihat dari sisi kualitas. salah satu penyebabnya, menurut UNESCO adalah faktor tenaga pendidik atau guru. profesinalisme guru hendaknya juga didukung oleh memadainya sarana dan prasana. namun, kondisi ideal tersebut tidak selalu dinikmati oleh tenanga pendidik khususnya guru yang berada jauh dari perkotaan. Selama kemampuan profesionalisme guru belum tercapai secara ideal maka guru seharusnya mendapatkan pelatihan guna memperkaya pengetahuannya. Salah satu materi penting dalam mata pelajaran ekonomi di tingkat SMA adalah materi tentang pasar uang dan pasar modal. Perubahan-perubahan dalam pasar modal begitu cepat, seringkali tidak bisa diikuti dengan baik oleh para guru khususnya yang berada jauh dari perkotaan. Oleh karena itu disusun guna menjembatani kebutuhan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dengan kelompok masyarakat non produktif yaitu guru-guru ekonomi. Metode pelaksanaan pelatihan menggunakan teknik ceramah dan diskusi. Pelatihan dilaksanakan dalam dua sesi. Tahap pertama tentang pemahaman financial literacy. Tahap kedua yaitu sosialisasi tentang pasar modal dan industri keuangan. Target yang ingin dicapai adalah diperolehnya pengetahuan dan pemahaman guru-guru ekonomi tentang financial literacy. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru-guru terkait literasi keuangan dan lembaga keuangan serta pasar modal yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai tes yang diperoleh sebelum dan sesudah mendapatkan pelatihan. Selain itu dari kegiatan ini guru merasa mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat yang selama ini tidak dapat mereka peroleh dari literatur.

Keywords


guru; ekonomi; pasar modal; otoritas jasa keuangan

Full Text:

PDF

References


Septarini, E. C. 2016. Dialog Interaktif Sinergitas Antara APPI, OJK, Kepolisian, dan BPSK dalam Penyelesaian Sengketa A antara Pelaku Usaha dan Konsumen Mataram pada tanggal 29 September 2016.

Sudarwati., Sofiah, S., dan Ida Kintamani, I. 2016. Analisis Kinerja Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Yusrin. 2017. Hasil Survei tingkat literasi Keuangan di NTB 2016. Materi disampaikan dalam Diskusi Lakuk Pandai, diselenggarakan oleh Bank BTPN kerjasama dengan Terbitan Sindo, 23 Januari 2017.

Saukah, A. dan Waseso, M. G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

www.ojk.go.id diakses tanggal 11 Juli 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

    

    

    

    

    

    

    

    

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.