Peningkatan Sumber Daya Manusia pada Koperasi FPM Jateng Sejahtera untuk Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen

Febrian Wahyu Christanto, Aria Hendrawan, Agusta Praba Ristadi Pinem

Abstract


Kebutuhan akan kecepatan pengolahan data dan informasi sekarang ini menjadi hal yang viral dan sangat penting untuk mendukung pekerjaan manusia di segala bidang. Banyak sekali bidang pekerjaan sekarang ini sudah mulai meninggalkan pekerjaan yang dilakukan secara manual oleh manusia dan beralih ke sistem komputerisasi untuk mendapatkan hasil keluaran yang lebih baik. Sistem komputerisasi sangat dibutuhkan di dunia perbankan dan koperasi simpan pinjam sekarang ini karena jumlah transaksi perbankan saat ini dalam sehari dapat mencapai ratusan bahkan ribuan transaksi. Koperasi FPM Jateng Sejahtera baru saja membangun sistem komputerisasi bertajuk sistem informasi manajemen untuk pengajuan kredit pinjaman anggota. Diharapkan dari sistem ini dapat memangkas waktu pegajuan kredit pinjaman dari semula 2 minggu menjadi hanya 3 hari. Tetapi masalah yang timbul adalah anggota koperasi belum terbiasa menggunakan sistem ini sehingga membuat frekuensi pengajuan kredit pinjaman menjadi turun. Maka diperlukan pelatihan untuk peningkatan penggunaan sistem informasi manajemen pengajuan kredit pinjaman yang akan diakomodasi dengan program Pengabdian kepada Masyarakat ini melalui metode praktikum. Diharapkan dari kegiatan ini, sistem informasi manajemen Koperasi FPM Jateng Sejahtera dapat digunakan dengan baik oleh anggota untuk menambah modal usaha.


Keywords


sistem informasi manajemen; transaksi keuangan; pengajuan kredit pinjaman; Koperasi FPM Jateng Sejahtera

Full Text:

PDF

References


Andriyani, O., Cangara, H., & Sadjad, R. S. (2014). Penggunaan Teknologi Informasi Online Dalam Kecepatan Pelayanan dan Pengamanan pada Bank BCA Makassar (Sebuah Studi Komunikasi Organisasi). Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(1), 58–67.

Damana, A. W. A. & Suardikha, I. M. S. (2016). Pengaruh Keterlibatan Pemakai, Pelatihan, Ukuran Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(2), 1452–1480.

Kurniawati, L., Akbar, R. O., & Ali, M. (2015). Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Jurnal EduMa, 4(2), 62–74.

Muchlish, A., & Umardani, D. (2016). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah dan Bank Konvensional di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 129–156.

Sulasni, T., Kridalaksana, A. H., & Arifin, Z. (2014). Sistem Informasi Pengelolaan Koperasi Karyawan Visual Basic. Jurnal Informatika Mulawarman, 9(3), 2–5.

Susanti, N. (2014). Sistem informasi simpan pinjam badan keswadayaan masyarakat studi kasus bkm sarana makmur. Jurnal SIMETRIS, 5(1), 41–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

    

    

    

    

    

    

    

    

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.