Diversifikasi Olahan Ikan Bandeng oleh UKM Primadona dalam Program Pengabdian IbPE 2016-2018

Sugito Sugito, Alan Prahutama, Tarno Tarno, Abdul Hoyyi

Abstract


Ikan bandeng merupakan bahan makanan yang tinggi akan protein, vitamin dan mineral. Salah satu cara untuk meningkatkan pemasaran adalah mix marketing, salah satunya adalah mix marketing produk. Mix marketing produk yang dapat dilakukan adalah dengan diversifikasi produk. Olahan ikan bandeng yang terkenal adalah di kabupaten Pati. UKM Primadona merupakan UKM yang bergerak pada olahan ikan bandeng dan merupakan salah satu UKM binaan dari Universitas Diponegoro dalam program pengabdian Ipteks bagi Produk Ekspor (IbPE) 2016-2018. Dalam binaan tersebut, yang menjadi salah satu program adalah diversifikasi produk UKM Diversifikasi produk yang dilakukan oleh UKM Primadona atas binaan tim pengabdi adalah keripik kulit dan abon duri ikan bandeng. Kulit ikan bandeng merupakan hasil filet dari daging ikan bandeng. Kulit ikan bandeng dicampur dengan tepung beras, tepung tapiokan dan rempah-rempah lainnya untuk diolah menjadi keripik kulit yang renyah. Tekstur keripik kulit ikan bandeng adalah renyah, mempunyai pola sisik ikan. Kandungan protein, vitamin dan mineral keripik kulit ikan bandeng juga cukup tinggi. Untuk abon duri ikan bandeng sangat berkhasiat karena kandungan kalsiumnya cukup tinggi.

Keywords


UKM Primadona; Kulit ikan bandeng; abon duri ikan bandeng

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, A.R. dan Selviastuti, R. 2004, Serburia Suplemen Tulang Ikan Bandeng dengan Cangkang Kapsul Alginat untuk mencegah osteoporosis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol 4, No 1, hal: 53-59.

Agustini, T.W. dan Swastawati, F. 2003. Pemanfaat hasil perikanan sebagai produk bernilai tambah (value added) dalam upaya penganekaragaman pangan. Jurnal teknologi dan Industri Pangan. Vol. 15, No 1, hal: 74-81.

Anggraini, S.K. Maarif, M.S., Sukardi, Raharja, S. 2017. Strategi peningkatan daya saing usaha kecil menengah berbasi olahan ikan di Indonesia: Suatu Tinjauan. Journal Industrial Services. Vol. 3c, No.1 , hal: 331-341.

Aninda, R.A., Siti, N.K, dan Nikmatun, R. 2010. Program Kreativitas Mahasiswa Pemanfaatan Lombah tulang Ikan Bandeng sebagai bakso berkalsium tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Balai Pengembangan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan. 2004. Ikan bandeng dan produk diversifikasinya. Jakarta: departemen Kelautan dan perikanan.

Darmawangsyah, Jamaluddin, dan Kadirman. 2016. Fortifikasi Tepung Tulang ikan bandeng dalam Pembuatan Kue kering. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol 2, hal:149-156.

Hafiludin, Perwitasari, Y. dan Budiarto, S. 2014. Analisis Kandungan gizi dan bau lumpur ikan bandeng dari lokasi yang berbeda. Jurnal Kelautan. Vol 7, No 1, hal: 33-44.

Kottler, P. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Nusantari, E. Abdul, A., dan Harmain, R.M. 2016. Ikan bandeng tanpa duri sebagai peluang bisnis masyarakat desa Mootinelo, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat. Vol 3, No1, hal 778-87.

Riana, I.G. 2014. Master Plan UMKM berbasis perikanan untuk meningkatkan pengolahan produk ikan yang memiliki nilai tambah tinggi. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan. Vol 7 No.2, hal: 102-119.

Saparianto, C. 2009. Bandeng Tanpa Duri dan Cara Pengolahannya. Semarang: Dahara Prize.

Sari, E.N. 2013. Pembuatan Krupuk Ikan Bandeng dengan Substitusi Duri Ikan bandeng, Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Senjaya, K. dan Mustamu, R.H. 2013. Pengolahan dan Pengembangan Usaha pada perusahaan pengolahan ikan bandeng di Sidoarjo. Agora. Vol.1, No.1.

Sudrajat, C. 2008. Bandeng Duri Lunak. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Widiarti. 2010. Warta Pasar Ikan. Edisi Januari 2010 Vol 77 Direktorat Pemasaran Dalam Negeri. Jakarta: Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                        

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.