Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia melalui Pembelajaran IELTS dan TOEIC dengan Teknologi Aplikasi Android

Luluk Setyowati

Abstract


Salah satu keahlian yang harus dimiliki mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa keluar negeri dan bersaing didunia kerja adalah keahlian dalam bahasa inggris yang dibuktikan dengan sertifikat IELTS dan TOEIC. IELTS dan TOEIC adalah hal terpenting dalam mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang secara komprehensif. Karena dengan memiliki kemampuan IELTS dan TOEIC yang baik menunjukkan kepiawaian berbahasa inggris seseorang baik berbicara, mendengar, membaca maupun menulis. Namun keahlian ini masih sangat susah dipelajari mahasiswa dimana harus fokus dengan tugas dan matakuliah yang sangat banyak dari dosen dan bahasa inggris bukannya bahasa ibu, sehingga pada saat dibutuhkan mahasiswa harus mengambil matari khusus untuk mempelajari IELTS dan TOEIC. Untuk itu maka kegiatan ini akan membantu mahasiswa belajar IELTS dan TOEIC dengan lebih mudah dan efisien, baik dalam segi waktu dan tempat, yang menggunakan media telpon genggang yang berbasis android.

Keywords


IPTEK Bahasa Inggris; IELT; TOEIC; android

Full Text:

PDF

References


Astuti, i. p. .2009. Sukses IELTS Untuk Pemula. Yogyakarta: PT. Buku Kita.

Ayu Mayuni. 2017. Pentingnya Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja, https://krishnalearningcenter.com/pentingn-bahasa-inggris-di-dunia-kerja/

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.estudyme.ielts

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.estudyme.toeic

http://www.icaneducation.com/blog/perbandingan-nilai-toefl-ielts-dan-toeic)

https://blog.ruangguru.com/kerjakan-soal-ielts-dengan-cara-cerdas-berikut-agar-skormu-tinggi

Lin Lougheed, Longman. 2004. Preparation Series for the TOEIC Test: Introductory Course. Publisher Pearson Education.

Suminto. 2010. TOEFL , IELTS atau TOEIC Instrumen yang Tepat untuk Mengukur Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda, JURNAL EKSIS Vol.6 No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                        

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.