Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) dalam Pengajaran Bahasa Inggris di TK
Abstract
Mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing bukanlah hal mudah, terutama pengajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini. Guru diharapkan selalu memiliki ide kreatif dan inovatif untuk menarik perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas agar siswa dapat mengerti mengenai materi yang diajarkan. Total Physical Response (TPR) adalah salah satu metode yang dapat diterapkan. TPR adalah sebuah metode yang menggunakan gerak tubuh untuk mengartikan kata. Tujuan diadakannya pelatihan menggunakan metode ini adalah untuk membantu guru mengajar Bahasa Inggris dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Metode ini mudah diaplikasikan untuk guru-guru di TK ‘Aisiyah 101 Cipayung dan TK ‘Aisiyah Bustanul Athfal Ciracas. Peserta yang hadir sebanyak 12 orang terdiri dari Kepala Sekolah dan guru. Metode yang digunakan antara lain 1) pemberian materi tentang TPR mengenai teori dan contoh-contoh dengan power point dan video, 2) penugasan kepada peserta secara berkelompok untuk mencari tema dan mempraktekan TPR, 3) bimbingan dan diskusi mengenai TPR yang dipraktekan. Hasil dari kegiatan ini seluruh peserta bersemangat dan dapat menggunakan metode TPR dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ekawati, Anita Dewi. (2017). The Effect of TPR and Audio-Lingual Method in Teaching Vocabulary Viewed from Students’ IQ. Vol. 2, No. 1, 2017, 55-65, DOI: 10.22236/JER_Vol2Issue1
Gunawan, I. (2015). Strategi meningkatkan kinerja guru: apa program yang ditawarkan oleh kepala sekolah?. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/36_Imam-Gunawan-AP.pdf
Samad, F., & Tidore, N. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris yang Menyenangkan untuk Anak Usia Dini, 2, 47–57.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.3585
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.