Pemberdayaan Santri dan Alumni Pondok Pesantren Melalui Wirausaha Budidaya Jamur Merang (Volvariella Volvaceae L.)

Herlina Herlina, Siswoyo Soekarno, Yuli Wibowo, Elok Sri Utami

Abstract


Pondok Pesantren “AN NUR H.A” merupakan pondok Pesantren Salaf di Jember. Profil lulusan dari pesantren ini hanya 5% dari lulusan pondok pesantren yang berhasil menjadi ustadz, sedang 95% lulusan yang lain masih dalam kebingungan memilih profesi yang akan ditekuni. Hal ini terjadi karena pada umumnya, lulusan pondok pesantren salaf memiliki pendidikan umum yang masih rendah, sementara kurikulum pengajaran yang disajikan di pondok pesantren belum menyentuh pada aspek ketrampilan hidup. Para santri pada umumnya hanya memegang ijazah Madrasah Ibtidaiyah (setara dengan Sekolah Dasar) atau maksimal Madrasah Tsanawiyah (setara Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama) dan rata-rata para santri tidak memiliki ketrampilan untuk mereka hidup mandiri secara ekonomi setelah mereka keluar dari pondok pesantren. Melalui program pengabdian unggulan (PPU) ini pengusul bertekat untuk membuat program pemberdayaan santri dan alumni dengan memberikan bekal ketrampilan untuk mereka, selain pengetahuan agama yang diajarkan. Program yang dianggap paling tepat adalah Pemberdayaan Santri dan alumni Pondok Pesantren Melalui Wirausaha Budidaya Jamur Merang, karena usaha ini membutuhkan bahan baku lokal dan tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas serta teknologi yang digunakan merupakan teknologi tepat guna yang mudah diadopsi. Hasil kegiatan ini adalah: (1) menambah ketrampilan para santri pondok pesantren dan alumni dalam budidaya dan berwirausaha jamur merang; (2) mengurangi pengangguran para lulusan pondok pesantren, (3) terciptanya lapangan kerja baru di pedesaan; (4) terciptanya keterkaitan bisnis secara tidak langsung dengan masyarakat di sekitar lokasi pondok melalui usaha penyediaan bahan pembantu, sekam dan bubuk gergaji; (5) meningkatnya pendapatan pesantren dari budidaya jamur merang; dan (6) kegiatan ekonomi produktif di pondok pesantren.

Keywords


kejahatan; keamanan; internet; SMK Muhammadiyah Bulakamba

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2017. Jember Dalam Angka 2006, BPS dan BAPPEDA Kab. Jember, Jember.

Bambang. 2001. Budidaya, Pengembangan dan Potensi Pasar Jamur Merang. CV. ANEKA. Solo.

Candra R, Hepiana DA, dan Situmorang S. 2014. Analisis Usaha Tani dan Pemasaran jamur Tiram dengan Cara Konvensional dan Jaringan (Multi Level marketing) di Provinsi Lampung. JIIA.2(1): 38-47.

Haryono Ahmad. 2008. Perilaku Kewirausahaan Lulusan Pesantren Salaf (Sebagai Upaya Mendesain Kurikulum Pesantren Salaf Berbasis Budaya dan Berorientasi Kewirausahaan). Fakultas Sastra Universitas Jember.

Herlina. 2013. Pengembangan Usaha Jamur Merang di Paguyuban Jamur Kaola Mandiri Melalui Penggunaan Alat Heater Semi Otomatis. IPTEKDA LIPI. Jakarta.

Pasaribu AM. 2012. Perencanaan dan Evaluasi Proyek Agrobisnis. Konsep

Mukti OP, Haryono D., dan Marlina L. 2016. Analisis Finansial dan Startegi Pengembangan Usaha Tani jamur Tiram Putih di Desa Pampangan kecamatan Sekincau Lampung Barat. JIIA. 5(1): 31-39.

Sinaga. M.S. 2012. Budidaya Jamur Merang. Jakarta: Penebar Swadaya.

Trubus. 2012. Jamur Merang. Jakarta: Penebar Swadaya.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.3914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                  

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.