Pelatihan Pembuatan Multimedia Interaktif sebagai Alternatif Media Pembelajaran

Lukman Hakim, Lefudin Lefudin, Dwi Ratnaningdyah, Sugiarti Sugiarti

Abstract


Peningkatan kompetensi guru telah menjadi agenda pemerinta secara nasional dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Perkembangan TIK dalam pembelajaran menjadi agenda pemerintah dalam mengembangkan kompetensi guru secara nasional. Universitas PGRI Palembang merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang menghasilkan sarjana pendidikan yang tersebar di seluruh Sumatera Selatan dan sekitarnya. Sebagai kepedulian terhadap peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan kemampuan pengembangan dan penerapan TIK dalam pembelajaran dosen program studi pendidikan fisika melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan guru dalam menggunakan TIK dalam pembelajaran. Metode pelatihan yang digunakan adalah pemaparan materi, pendampingan pembuatan multimedia dengan ispring dan evaluasi. Peserta pelatihan adalah semua guru SMA N 1 Padamaran Kecamatan OKI. Setelah kegiatan guru diberi kuisioner tentang tanggapan guru terhadap penerapan TIK dalam pembelajaran. Instrumen tanggapan guru bebentuk skala liekert. Hasil tanggapan guru terhadap penerapan TIK dalam pembelajaran adalah positif.


Keywords


TIK dalam pembelajaran; multimedia; tanggapan guru

Full Text:

PDF

References


Angriani, L., & AMIK, A. R. D. (2019). ABDIMAS PKM Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa Melalui. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 92–98. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/%0APKM

Budiana, H R Sjafirah, N. A., & Bakti, I. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran bagi Para Guru SMP 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 4(1), 59–62. Retrieved from Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat

Dewi, L. (2014). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Paikem (Pelatihan Pada Guru Mi Dan Mts Di Kabupaten Cianjur). Edutech, 13(3), 409. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3094

Hakim, L., Sinaga, P., & Setiawan, A. (2018). Tanggap Guru terhadap Penggunaan Elearning dalam Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan, 8. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1543/1348

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61–76. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Sudatha, I. G. W. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Merancang Pembelajaran. SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, (November 2014), 22–29. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/319767865%0APeningkatan

Wahzudik, N., Sulistio, B., & Nurussaadah, N. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Blended Learning Untuk Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran Di SMK. Snkppm, 1(1), 217–224. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm/article/view/90




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.4295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.