Pelatihan Merancang dan Mengembangkan Mulitimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru di SD Negeri Bajangan Kabupaten Pasuruan

Arief Ardiansyah, Khoirul Asfiyak

Abstract


Media pembelajaran merupakan komponen utama dari kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satu format media pembelajaran yang sering digunakan adalah berformat multimedia. Multimedia pembelajaran telah banyak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa juga terbukti di berbagai literatur-literatur penelitian. Akan tetapi, masih banyak di berbagai sekolah yang belum mampu mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berbasis multimedia tersebut. Alasannya karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkannya, tidak tersedianya sarana untuk menerapkannya, dan tidak adanya pelatihan-pelatihan yang khusus untuk melatih pengembangan multimedia pembelajaran. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan merancang dan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif untuk guru di SD Negeri Bajangan Kabupaten Pasuruan. Pelatihan ini diikuti oleh sebelas orang guru. Hasil akhir dari pelatihan adalah multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan oleh guru. Pada akhir kegiatan, pengabdi memberikan kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan para guru selama mengikuti kegiatan. Secara keseluruhan, guru merasa puas terhadap kegiatan pelatihan yang diadakan.

Keywords


pelatihan; pengembangan; multimedia pembelajaran; guru

Full Text:

PDF

References


Arifin, Y., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sandi Morse dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Bagi Siswa Kelas V. JKTP, 1(2), 115–122.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2011). E-Learning and The Science of Instruction. San Francisco: Pfeiffer.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). New Jersey: Pearson.

Fiorella, L., & Mayer, R. E. (2016). Effects of Observing the Instructor Draw Diagrams on Learning from Multimedia Messages. Journal of Educational Psychology, 108(4), 528–546. https://doi.org/10.1037/edu0000065

Frenita, A., Sulistyarini, & Khosmas, F. Y. (2013). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(7), 1–11.

Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1992). Principles of Instructional Design (4th ed.). New York: Harcourt Brace College Publishers.

Hambali, H., & Surjono, H. D. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Belajar Membaca Al-Quran Metode Qira’ati Di TPQ Raudlotut Thalibin. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 74–82. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp%0APENGEMBANGAN

Hardiyantari, O. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Teknik Dinamis pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 77–83. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp

Hotimah, & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Mikroorganisme SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 201–213. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. San Francisco: Pfeiffer.

Mayer, R. E., Howarth, J. T., Kaplan, M., & Hanna, S. (2018). Applying the Segmenting Principle to Online Geography Slideshow Lessons. Educational Technology Research and Development, 66(3), 563–577. https://doi.org/10.1007/s11423-017-9554-x

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazalin, & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia pada Materi Hidrokarbon untuk Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221–236. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp

Pandansari, P., & Gafur, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Desain Busana Di SMK. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 237–248. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp

Putra, L. D., & Ishartiwi. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka dan Huruf untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp%0APENGEMBANGAN

Subaidi, A., Zayyadi, M., & Hasanah, S. I. (2019). Pelatihan Blended Learning bagi Guru di Lingkungan Madrasah Tsanawiyah Pelatihan Blended Learning bagi Guru Di Lingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumber Bungur. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 388–394. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i2.3699

Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbentuk Game untuk Menstimulasi Aspek Kognitif dan Bahasa Anak TK. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38–49. Retrieved from online: http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.5781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.