Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring

Nizaruddin Nizaruddin, Muhtarom Muhtarom, Aryan Eka Prastya Nugraha

Abstract


Tujuan pengabdian ini memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru di dalam pembuatan dan penggunaan Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran secara daring. Pelatihan dilakukan secara daring menggunakan pendekatan andragogi. Materi workshop disajikan dengan lebih banyak praktik dari teori, dengan rasio perbandingan 30 % teori dan 70 % praktik. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam bentuk workshop kepada guru mitra untuk meningkatkan pemahaman tentang assesment berbasis web 2.0, pembuatan dan pengelolaan akun Quizizz, membuat kuis dengan menggunakan fitur-fiturnya, membagikan dan mengatur koleksi kuis, pengaturan kuis dalam mode langsung secara individu, tim dan tugas rumah, administrasi laporan, serta pengaturan kelas dan meme sebagai hiburan di Quizizz. Hasil evaluasi pelaksanaan pelatihan menunjukkan bahwa setelah pelaksanaan pengabdian ini guru telah memahami dan dapat membuat akun Quizizz dan menggunakan Quizizz sebagai sarana evaluasi secara daring. Ini menunjukkan bahwa guru peserta pelatihan ini telah dapat mengimplementasikan salah satu jenis assesment berbasis aplikasi web 2.0.


Keywords


pelatihan; quizizz; assesment berbasis aplikasi web 2.0

Full Text:

PDF

References


Basuki, Y. & Hidayati, Y. (2019). Kahoot! or Quizizz: the Students’ Perspectives. In Proceedings of the Proceedings of the 3rd English Language and Literature International Conference, ELLiC, Semarang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285331.

Chaiyo, Y. & Nokham, R. (2017). The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student’s perception in the classrooms response system. In International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT). IEEE, Chiang Mai, Thailand, pp. 178–182. https://doi.org/10.1109/ICDAMT..

Depdiknas. (2005). Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD). Jakarta: Depdiknas.

Ismail, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Pokok Bahasan Fluida. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 1(2), 83-87.

Kharis, M. (2015). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Jember Pengguna Smartphone Merek Samsung. Skripsi: Universitas Jember.

Phage, I. (2018). Undergraduate Physics Students’ Conceptual Understanding in the Learning of Kinematics Using A Blended Approach. Int. E-J. Adv. Educ., 4: 199–204.

Suparni, S. (2016). Profesionalisme guru matematika dalam merencanakan pembelajaran berbasis kompetensi. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 2(1), 15-30.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.6417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

                                  

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.