PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS III B SD NEGERI 01 MEJASEM TAHUN AJARAN 2020/2021

Ratna - Lestari, Widya Kusumaningsih, Fransiska Suciana

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas III B SD Negeri 01 Mejasem. Nilai hasil belajar tema 7 Perkembangan Teknologi muatan Bahasa Indonesia kelas III B yang masih banyak siswa tidak memenuhi KKM yaitu dari 32 siswa hanya 15 siswa (47,87%) yang tuntas dan 17 siswa (53,13%) yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model  Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar Tema 7 Perkembangan Teknologi muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III B di SD Negeri 01 Mejasem Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2020/2021. Prosedur penelitian menggunakan  penelitian tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III B SD Negeri 01 Mejasem. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus 2 pertemuan. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model   pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatan hasil belajar Tema 7 Perkembangan Teknologi muatan Bahasa Indonesia pada siswa kelas III B di SD Negeri 01 Mejasem. Saran dari penelitian ini adalah melalui model Discovery Learning ini semoga dapat memeberikan kontribusi yang lebih baik dalam perbaikan pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.