PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III TEMA 8 MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SDN KARANGSARI 01

Hanim Mukhtiyani Mahmudah, Widya Kusumaningsih, Fransiska Suciana

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui Model Problem Based Learning dalam pembelajaran Tema 8 kelas III SDN Karangsari 01 Tahun 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Karangsari 01, Kecamatan Cluwak berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan WhatsApp grup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.  Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Tes evaluasi dilakukan secara daring melalui google formulir. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah catatan lapangan. Penelitian melalui model Problem Based Learning dilakukan melalui Langkah-langkah: 1) Orientasi siswa pada masalah; 2) Mengorganisasi siswa; 3) Membimbing penyelidikan; 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya; 5) analisis dan evaluasi penyelesaian masalah. Hasil Penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata kelas 72 dengan ketuntasan klasikal 60.00%.  Hasil belajar kognitif pada siklus II mendapat rata-rata kelas 73,82 dengan ketuntasan klasikal 73.33% termasuk kategori baik  dan hasil belajar kognitif siklus III memperoleh rata-rata kelas 77,67 dengan rata-rata ketuntasan klasikal 80.00% termasuk Kategori Sangat Baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.