PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (DITINJAU DARI PEMEROLEHAN SEMANTIK DAN FONETIK) DENGAN MENGGUNAKAN KEGIATAN BERCERITA JURNAL PAGI DAN CERITA SEHARI-HARI DI TK MUSLIMAT NU MASYITOH !9 “ANNISA” JENGGOT

Afifah Afifah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan perkembangan aspek bahasa pada anak usia 4-5 tahun, di TK Muslimat NU Masyitoh 19 “ANNISA” Jenggot Kota Pekalongan Melalui kegiatan bercerita dengan jurnal pagi dan bercerita sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian deskirptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripskan dan mengalanisa perkembangan bahasa melalui bercerita dengan jurnal pagi dan bercerita sehari-hari pada anak usia 4-5 tahun. hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak harus dilakukan secara berkesinambungan dan melalui pembiasaaan yang terus dilakukan. Selain dari pembiasaan perkembangan bahasa ini juga terkait dalam perkembangan kemampuan aspek perkembangan anak usia dini khususnya perkembangan bahasa. Dalam penelitain ini juga dibahas tentang aspek perkembangan bahasa semantik dan aspek perkembangan fonetik, dimana dari kegiatan jurnal pagi juga terlihat bahwa anak juga mampu kita ketahui perkembangan bahasa semantik dan perkembangan bahasa fonetiknya.

Kata kunci: perkembangan bahasa, metode bercerita, fonetik dan semantik.

Full Text:

PDF

References


Amalia, Fitri. 2017. Semantik Konsep Dan Contoh Analisis. Madani Malang.

Afnida, Mutia. Fakhriah. Dewi Fitriani, 2016. Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada TK A di Banda Aceh. Jurnal ilmiah mahasiswa pendidikan anak usia dini. Vol. 1, No. 1.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Rineka Cipta: Jakarta.

Christianti, Martha. 2015. Kajian Literatur Perkembangan Pengetahuan Fonetik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Volume IV, Edisi 1, Juni.

Hemmah, Eneng. Tri Sayekti. Cucu Atikah. 2018. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. JPPPAUD FKIP UNTIRTA. Vol. 5 No.1.

Isna, Aisyah. 2019. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Athfal. Vol. 2, No. 2.

Kholilullah, Hamdan, Heryani. 2020. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan. Volume 10, Edisi 1.

Lubis, Hilda Zahra. 2018. Metode Pengembangan Bahasa Ank Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, Vol. 06, No. 02.

Mieske. 2020. Analisis Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun (Bidang Semantik). Jurnal Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengerjaannya. Volume 1, Nomor 2,

Nugraha, Oktavian Aditya. 2017. Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun Kajian Semantik Penyimpangan Tuturan Anak. http://journal.ums.ac.id/index.php/KLS. Volume 2, nomor 2, Desember.

Nurjamiaty. 2015. Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Berdasarkan Tontonan Kesukaannya Ditinjau Dari Kontruksi Semantik. Jurnal Edukasi Kultura Vol 2 Nomor 2.hal 107.

Rusniah, 2017. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A di TK Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi Jurnal bimbingan Konseling. Hal. 114-130.

Salnita, Yulia Eka. 2019. Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3 Issue 1. 137-145.

Sari, Wenny Aulia. 2018. Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3-4 Tahun (Ditinjau Dari Pemerolehan Semantik Yang Dikuasi Anak Usia 3-4 Tahun) Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Of Early Childhood Islamic Education. Vol.1 No.2 Januari.

Suardi, Indah Permatasari. 2019. Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3. Issue 1. 265-273.

Sumarti. 2017. Materi Pengembangan Bahasa Indonesia Tentang Kesadaran Fonemik (Phonemic Awareness) Untuk Anak Usia Dini. DEIKSIS. Vol. 09. No.02. Mei. 222-239.

Wulandari, Desy Indah. 2018. Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 Tahun Di PAUD Lestari Desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol 6 No.1 Februari Hal 74-83.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.