Pengembangan modul materi bangun ruang sisi lengkung berbasis Etnomatematika berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa
Abstract
Pendidikan dan kebudayaan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Ada hubungan antara matematika dan budaya yang disebut etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran berbasis etnomatematika Candi Borobudur materi bangun ruang sisi lengkung yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa yang memenuhi kriteria valid. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dan jenis penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Modul pembelajaran ini diujicobakan pada kelas IX SMP N 1 Mijen dengan jumlah siswa yaitu 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan validitas media dan materi yang diuji oleh 2 orang validator memperoleh persentase media sebesar 89% dan materi sebesar 93% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis etnomatematika yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa valid untuk digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinda, A. (2016). Berfikir kritis dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains (pp. 125–128).
Afandi, A. (2016). Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Gammath, I(September), 1–8.
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53.
Ashari, W. A., Harun, L., & Supandi. (2023). Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Realistisc Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 05(02), 99–107.
Buchori, A., Rasiman, R., Prasetyowati, D., & Kartinah, K. (2015). Pengembangan Mobile Learning Pada Mata Kuliah Geometri Dengan Pendekatan Matematik Realistik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(2), 113. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i2.2570
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3, 107–114.
Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119–126.
Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2017). Investigating student difficulties on integral calculus based on critical thinking aspects. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 211. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15507
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Rubowo, M. R. (2018). Students Problem Solving Ability in Learning Based on Realistic Mathematics with Ethnomathematics. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 13. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i1.5607
Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E -modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 1–15.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sulistiani, E. (2015). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. 605–612.
Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas V Sd Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 156–173. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1466
Tanu, I. K. (2016). Pembelajaran Berbasis Budaya Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 34. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.59
Woa, M. E., Wewe, M., Bela, M. E., & Matematika, P. (2023). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Ngada pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 3, 763–774.
Zega, Y. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Materi Lingkaran. JSSA:Journal of Smart Society Adpertisi, 18–24.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i6.19331
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.